Abstract:
YUNITA, Pengembangan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Sub Tema
Binatang Bersayap Untuk Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini: Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Tahap define pada
pengembangan media pembejaran “Pop Up Book” sub tema binatang bersayap
untuk pembelajaran bagi anak usia dini; (2) Tahap design pada pengembangan
media pembejaran “Pop Up Book” sub tema binatang bersayap untuk pembelajaran
bagi anak usia dini; (3) Tahap develop pada pengembangan media pembejaran “Pop
Up Book” sub tema binatang bersayap untuk pembelajaran bagi anak usia dini.
Penelitian ini termasuk penelitian R&D (Research and Development). Model
pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Define,
Design, Develop, Disseminate) tetapi peneliti membatasi hanya sampai tahap
Define, Design, Develop. Peneliti penggunakan teknik pengumpulan data
wawancara, expert Judgement, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian di lakukan
di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia yang berlokasi di Parit Haji Husin 2. Subjek
penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia dan 1
orang guru di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia sebagai uji coba terbatas serta 2
orang guru di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia 1 orang guru di TK Islam Iqdam
sebagai uji coba luas.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan: 1) tahap
Define peneliti melakukan analisis awal permasalahan yang terjadi di RA BAYT
Al-Qur’an Indonesia yaitu media pembelajara di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia
belum banyak dan belum variatif; 2) tahap Design yaitu peneliti mulai merancang
pengembangan media pembelajaran Pop Up Book sub tema binatang bersayap
mulai dari penentuan bahan kertas yang digunakan, desain, dan percetakan serta
lainnya; 3) tahap Develop , pada tahap ini peneliti melakukan validasi dan uji coba
lapangan. Pertama, validasi media mendapat skor rata-rata 2,89 termasuk dalam
kategori “sangat sesuai”. Kedua, validasi materi tahap 1 mendapatkan skor dengan
rata-rata 2,15 termasuk dalam kategori “sangat sesuai”. Validasi materi tahap 2,
memperoleh skor dengan rata-rata 3 termasuk dalam kategori “Sangat sesuai”.
Ketiga, uji coba terbatas memperoleh skor rata rata 2,91 termasuk dalam kategori
“Sangat sesuai”. Keempat, uji coba luas memperoleh skor rata-rata 2,79 termasuk
dalam kategori “Sangat sesuai”.