PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “POP UP BOOK” SUB TEMA BINATANG BERSAYAP UNTUK PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Azzahra, Nurma Annisa
dc.contributor.author YUNITA, YUNITA
dc.date.accessioned 2024-08-28T06:52:48Z
dc.date.available 2024-08-28T06:52:48Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5050
dc.description.abstract YUNITA, Pengembangan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Sub Tema Binatang Bersayap Untuk Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap: (1) Tahap define pada pengembangan media pembejaran “Pop Up Book” sub tema binatang bersayap untuk pembelajaran bagi anak usia dini; (2) Tahap design pada pengembangan media pembejaran “Pop Up Book” sub tema binatang bersayap untuk pembelajaran bagi anak usia dini; (3) Tahap develop pada pengembangan media pembejaran “Pop Up Book” sub tema binatang bersayap untuk pembelajaran bagi anak usia dini. Penelitian ini termasuk penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) tetapi peneliti membatasi hanya sampai tahap Define, Design, Develop. Peneliti penggunakan teknik pengumpulan data wawancara, expert Judgement, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian di lakukan di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia yang berlokasi di Parit Haji Husin 2. Subjek penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia dan 1 orang guru di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia sebagai uji coba terbatas serta 2 orang guru di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia 1 orang guru di TK Islam Iqdam sebagai uji coba luas. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan: 1) tahap Define peneliti melakukan analisis awal permasalahan yang terjadi di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia yaitu media pembelajara di RA BAYT Al-Qur’an Indonesia belum banyak dan belum variatif; 2) tahap Design yaitu peneliti mulai merancang pengembangan media pembelajaran Pop Up Book sub tema binatang bersayap mulai dari penentuan bahan kertas yang digunakan, desain, dan percetakan serta lainnya; 3) tahap Develop , pada tahap ini peneliti melakukan validasi dan uji coba lapangan. Pertama, validasi media mendapat skor rata-rata 2,89 termasuk dalam kategori “sangat sesuai”. Kedua, validasi materi tahap 1 mendapatkan skor dengan rata-rata 2,15 termasuk dalam kategori “sangat sesuai”. Validasi materi tahap 2, memperoleh skor dengan rata-rata 3 termasuk dalam kategori “Sangat sesuai”. Ketiga, uji coba terbatas memperoleh skor rata rata 2,91 termasuk dalam kategori “Sangat sesuai”. Keempat, uji coba luas memperoleh skor rata-rata 2,79 termasuk dalam kategori “Sangat sesuai”. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “POP UP BOOK” SUB TEMA BINATANG BERSAYAP UNTUK PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account