dc.description.abstract |
WIDIA IRMAHARTIKA, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD Negeri 35 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 35 Pontianak Selatan; 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 35 Pontianak Selatan; dan 3) Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SD Negeri 35 Pontianak Selatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini kelas V di SD Negeri 35 Pontianak Selatan berjumlah 91 peserta didik yang terbagi dalam tiga kelas yaitu kelas A, B, dan C. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebanyak 30 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal pilihan ganda pre-test dan post-test dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: Uji Instrumen, Uji Deskriptif, Uji Prasyarat dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata post-test 68,00. Sekitar 40% dari jumlah peserta didik yang belum tuntas dan belum mencapai KKM; 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih meningkat, dengan nilai rata-rata post-test 78,33. Sekitar 87% peserta didik yang memiliki nilai mencapai KKM. dan 3) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di SD Negeri 35 Pontianak Selatan, yaitu dari hasil uji Independen Sampel T Test dengan nilai signifikansi 0,004 ˂ 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. |
en_US |