PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MIN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor H, Maha Lastasa Buju Basafpipana
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author OCTAVIANI, LILIS
dc.date.accessioned 2024-08-28T06:36:14Z
dc.date.available 2024-08-28T06:36:14Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5047
dc.description.abstract Lilis Octaviani 12010102, Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III di MIN 2 Pontianak: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Latar belakang penelitian ini karena rendahnya hasil belajar peserta didik dan guru masih menggunakan model pembelajaran ekspositori pada pembelajaran tematik kelas III MIN 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di MIN 2 Pontianak. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen desain non-randomized control group pretest-postest design. Sumber data penelitian ini adalah populasi dan sampel. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas III MIN 2 Pontianak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III A berjumlah 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III E berjumlah 39 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah teknik observasi, teknik pengukuran dan teknik dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar tes (pre-test dan post-test) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini langkah-langkah model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio visual yang peneliti lakukan dengan persentase 100%. Hasil belajar kelas kontrol dengan rata-rata pre-test 77 dan post-test 81,01. Sedangkan kelas eksperimen dengan rata-rata pre-test 72,29 dan post-test 88,92. Hasil uji hipotesis atau uji-t pada skor pre-test dan post-test kelas eksperimen yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 25 bahwa didapatkan nilai (sig) sebesar 0,000 < dari 0,05. Menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata antar sampel penelitian, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka terdapat pengaruh dari model pembelajaran picture and picture berbantuan media audio pada pembelajaran tematik tema benda di sekitarku kelas III di MIN 2 Pontianak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Picture and Picture en_US
dc.subject Media Audio Visual en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI MIN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account