PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DIBANTU MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS III DI MIN 1 KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sulaiman, Sulaiman
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.author WAHDANIA, FITRI
dc.date.accessioned 2024-08-28T04:14:57Z
dc.date.available 2024-08-28T04:14:57Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5043
dc.description.abstract FITRI WAHDANIA, Pengaruh Penggunaan Model Direct Instraction Dibantu Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas III di Min 1 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Mengetahui penggunaan model Direct Instruction dibantu media papan berpaku pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya; 2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya; 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model Direct Interaction dibantu media papan berpaku pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya; 4) Pengaruh penggunaan model Direct Interaction dibantu media papan berpaku terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ekperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III di MIN 1 Kubu Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III A berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas ekperimen dan kelas III B berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu soal pilihan ganda (pre-test dan post-test), lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan model Direct Instruction dibantu media papan berpaku a) Orientasi/Menyampaikan Tujuan; b) Persentasi/Demonstrasi dengan menggunakan media papan berpaku; c) Latihan Mandiri; d) Latihan Terbimbing; e) Mengecek Pemahaman; f) Latihan Lanjutan. 2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan Model Direct Instruction dibantu media papan berpaku masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre-test 58,78 dan post-test 68,78. 3). Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model direct instruction dibantu media papan berpaku terdapat peningkatan, dengan nilai rata-rata pre-test 56,66 dan post-test 76,96. 4) Dari hasil Uji Hipotesis (Uji Keberartian Koefisien Regresi) terlihat pada angka signifikan 0,00 menunjukkan lebih kecil dari angka signifikan 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Direct Instruction en_US
dc.subject Papan Berpaku en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DIBANTU MEDIA PAPAN BERPAKU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS III DI MIN 1 KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account