dc.description.abstract |
FITRI WAHDANIA, Pengaruh Penggunaan Model Direct Instraction Dibantu Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Bangun Datar Kelas III di Min 1 Kubu Raya Tahun Ajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Mengetahui penggunaan model Direct Instruction dibantu media papan berpaku pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya; 2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya; 3) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model Direct Interaction dibantu media papan berpaku pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya; 4) Pengaruh penggunaan model Direct Interaction dibantu media papan berpaku terhadap hasil belajar peserta didik pada materi bangun datar kelas III di MIN 1 Kubu Raya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ekperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas III di MIN 1 Kubu Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III A berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas ekperimen dan kelas III B berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu soal pilihan ganda (pre-test dan post-test), lembar observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penggunaan model Direct Instruction dibantu media papan berpaku a) Orientasi/Menyampaikan Tujuan; b) Persentasi/Demonstrasi dengan menggunakan media papan berpaku; c) Latihan Mandiri; d) Latihan Terbimbing; e) Mengecek Pemahaman; f) Latihan Lanjutan. 2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan Model Direct Instruction dibantu media papan berpaku masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre-test 58,78 dan post-test 68,78. 3). Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model direct instruction dibantu media papan berpaku terdapat peningkatan, dengan nilai rata-rata pre-test 56,66 dan post-test 76,96. 4) Dari hasil Uji Hipotesis (Uji Keberartian Koefisien Regresi) terlihat pada angka signifikan 0,00 menunjukkan lebih kecil dari angka signifikan 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak. |
en_US |