Abstract:
Saweri, (11732015). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba: Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah (FUAD), Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024.
Fokus penelitian ini adalah “Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Penyesuaian Dari Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba” yang terdiri dari 2 sub fokus penelitian yaitu: (1) Apa aspek penyesuaian diri siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba? dan (2) Bagaimana rancangan program bimbingan terhadap siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba?.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini ialah MTs Nurul Ulum Desa Pancaroba yang beralamat: Jl. Dusun Pancamaju, Desa Pancaroba, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan skunder. Data primer merupakan kepala sekolah, guru BK dan beberapa siswa. Data skunder berupa buku atau berkas-berkas di MTs Nurul Ulum Desa Pancaroba. Teknik pengumpulan menggunakan (1) Teknik wawancara, (2) Teknik observasi dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ialah. Pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik Pemeriksaan Keabsahan menggunakan Triangulasi data dengan cara membandingkan data observasi, membandingkan data wawancara dan membandingkan data dokumentasi.
Berdasarkan pada data-data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: 1). Aspek penyesuaian diri siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba terdiri dari empat aspek, yaitu: (a) Penyesuaian diri terhadap peran dan identitas perkembangan fisik. (b) Penyesuaian diri terhadap pendidikan krisis identitas. (c) Penyesuaian diri terhadap penggunaan waktu luang dan (d) Penyesuaian diri terhadap penggunaan uang. 2) Rancangan program bimbingan terhadap siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba terdiri dari empat program, yaitu: (a) Program harian berupa do’a bersama, membaca surah-surah pendek dan sholat berjamaah. (b) Program mingguan berupa gotong royong, pemanggilan siswa, menabung, membaca yasin dan khataman Al-Qur’an. (c) program bulanan berupa kerajinan tangan, gotong royong dan lomba. (d) Program tahunan berupa MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) evaluasi serta penyusunan KD dan KI.