PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGEMBANGKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ULUM DESA PANCAROBA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurrahmi, Hesty
dc.contributor.advisor Aziz, Abdul
dc.contributor.advisor Fauziah, Fauziah
dc.contributor.advisor Barriyati, Barriyati
dc.contributor.author SAWERI, SAWERI
dc.date.accessioned 2024-08-20T02:02:55Z
dc.date.available 2024-08-20T02:02:55Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/5008
dc.description.abstract Saweri, (11732015). Program Bimbingan dan Konseling Untuk Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba: Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah (FUAD), Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak Tahun 2024. Fokus penelitian ini adalah “Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Penyesuaian Dari Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba” yang terdiri dari 2 sub fokus penelitian yaitu: (1) Apa aspek penyesuaian diri siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba? dan (2) Bagaimana rancangan program bimbingan terhadap siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba?. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian ini ialah MTs Nurul Ulum Desa Pancaroba yang beralamat: Jl. Dusun Pancamaju, Desa Pancaroba, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan skunder. Data primer merupakan kepala sekolah, guru BK dan beberapa siswa. Data skunder berupa buku atau berkas-berkas di MTs Nurul Ulum Desa Pancaroba. Teknik pengumpulan menggunakan (1) Teknik wawancara, (2) Teknik observasi dan (3) Dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ialah. Pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Teknik Pemeriksaan Keabsahan menggunakan Triangulasi data dengan cara membandingkan data observasi, membandingkan data wawancara dan membandingkan data dokumentasi. Berdasarkan pada data-data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa: 1). Aspek penyesuaian diri siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba terdiri dari empat aspek, yaitu: (a) Penyesuaian diri terhadap peran dan identitas perkembangan fisik. (b) Penyesuaian diri terhadap pendidikan krisis identitas. (c) Penyesuaian diri terhadap penggunaan waktu luang dan (d) Penyesuaian diri terhadap penggunaan uang. 2) Rancangan program bimbingan terhadap siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Nurul Ulum Desa Pancaroba terdiri dari empat program, yaitu: (a) Program harian berupa do’a bersama, membaca surah-surah pendek dan sholat berjamaah. (b) Program mingguan berupa gotong royong, pemanggilan siswa, menabung, membaca yasin dan khataman Al-Qur’an. (c) program bulanan berupa kerajinan tangan, gotong royong dan lomba. (d) Program tahunan berupa MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) evaluasi serta penyusunan KD dan KI. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Program en_US
dc.subject Penyesuaian Diri en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGEMBANGKAN PENYESUAIAN DIRI SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL ULUM DESA PANCAROBA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account