Abstract:
Tria Depita (12015007). Implementasi Marketing syariah Dalam Pengembangan
Usaha Kerajinan Tenun Pada Rind’s Tenun Di Kota . Program Studi Manajemen Bisnis
Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak, Tahun
2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui penerapan marketing syariah pada
Rind’s Tenun di Kota Pontianak. (2) Mengetahui Pengembangan Usaha yang di Lakukan
oleh Rind’s Tenun di Kota Pontianak.(3) Mengetahui dampak Implementasi marketing
syariah dalam pengembangan usaha Rind’s Tenun di Kota Pontianak. Metode yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan
observasi langsung ke Rumah Produksi Rind’s Tenun, kemudian melakukan wawancara
langsung kepada Pemilik Usaha Rind’s Tenun, Karyawan dan beberapa konsumen Rind’s
Tenun. selain menggunakan kedua teknik tersebut peneliti juga melakukan dokumentasi atau
pengambilan gambar, serta mencatat hasil wawancara sebagai bukti bahwa sudah melakukan
wawancara di Rind’s Tenun.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Marketing syariah di
Rind's Tenun bukan hanya tentang aspek agama, tetapi juga meningkatkan kualitas layanan
dan hubungan pelanggan. Penerapan prinsip-prinsip syariah dalam semua aspek bisnis, mulai
dari kejujuran hingga kepedulian terhadap pelanggan dan karyawan. (2) Rind's Tenun
berhasil mengembangkan usahanya dengan menerapkan prinsip-prinsip syariah dan
memperhatikan aspek-aspek penting dalam pengembangan usaha. (3) Penerapan marketing
syariah yang konsisten, pengembangan produk yang sesuai dengan tren dan kebutuhan pasar,
serta responsif terhadap dinamika pasar.