Abstract:
FITRIYEH. Pengaruh penerapan Strategi Reading Aloud Terhadap
Keterampilan Membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VI di Madrasah Ibbtidaiyah
Miftahul Ulum Parit Bangkalan. Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negri (IAIN)
Pontianak, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana keterampilan
membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan
sebelum penerapan strategi reading aloud. 2) Bagaimana penerapan strategi
reading aloud terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VI di
MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan.3) Bagaimana keterampilan membaca Al-
Qur‟an pada siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan sebelum
penerapan strategi reading aloud. 4) Apakah terdapat pengaruh dari penerapan
strategi reading aloud terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an pada siswa
kelas VI di MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian
pre-eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VI MI di Miftahul Ulum 1 Parit Bangkalan yang berjumlah 10 orang. Alat
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Kemudian untuk
menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 29.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Keterampilan
membaca al-qur‟an siswa sebelum penerapan strategi reading aloud berkategori
“Baik” dengan nilai persentase sebesar 80,38%.. 2) Penerapan strategi reading
aloud di MI Miftahul Ulum 1 Parit Bangkalan berkategori “Sangat Baik” dengan
mendapat nilai persentase sebesar 100%. 3) Keterampilan membaca Al-Qur‟an
siswa sesudah penerapan strategi reading aloud berkategori “Sangat Baik” dengan
nilai persentase sebesar 85,8%. 4) Terdapat pengaruh dari penerapan strategi
reading aloud terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VI di MI
Miftahul Ulum 1 Parit Bangkala. Dengan nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0,000 lebih
kecil dari 0,05 yang artinya Ha diterima.