PENGARUH PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM I PARIT BANGKALAN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.author FITRIYEH, FITRIYEH
dc.date.accessioned 2024-08-15T01:59:02Z
dc.date.available 2024-08-15T01:59:02Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4980
dc.description.abstract FITRIYEH. Pengaruh penerapan Strategi Reading Aloud Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’an pada siswa kelas VI di Madrasah Ibbtidaiyah Miftahul Ulum Parit Bangkalan. Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana keterampilan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan sebelum penerapan strategi reading aloud. 2) Bagaimana penerapan strategi reading aloud terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan.3) Bagaimana keterampilan membaca Al- Qur‟an pada siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan sebelum penerapan strategi reading aloud. 4) Apakah terdapat pengaruh dari penerapan strategi reading aloud terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an pada siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum Parit Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pre-eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI di Miftahul Ulum 1 Parit Bangkalan yang berjumlah 10 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan IBM SPSS Statistik 29. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Keterampilan membaca al-qur‟an siswa sebelum penerapan strategi reading aloud berkategori “Baik” dengan nilai persentase sebesar 80,38%.. 2) Penerapan strategi reading aloud di MI Miftahul Ulum 1 Parit Bangkalan berkategori “Sangat Baik” dengan mendapat nilai persentase sebesar 100%. 3) Keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa sesudah penerapan strategi reading aloud berkategori “Sangat Baik” dengan nilai persentase sebesar 85,8%. 4) Terdapat pengaruh dari penerapan strategi reading aloud terhadap keterampilan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VI di MI Miftahul Ulum 1 Parit Bangkala. Dengan nilai Sig.(2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya Ha diterima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Strategi Reading Aloud en_US
dc.subject Keterampilan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM I PARIT BANGKALAN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account