PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Mutmainnah, Fitri
dc.contributor.author ADELIA, DIRA
dc.date.accessioned 2024-08-15T01:56:32Z
dc.date.available 2024-08-15T01:56:32Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4979
dc.description.abstract DIRA ADELIA, Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, Prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kedua, Prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Ketiga, Perbedaan prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Lokasi penelitiannya adalah di SDN 03 Pontianak Selatan Jalan Sulawesi, Kecamatan Pontianak Selatan, Kalimantan Barat. Sumber datanya adalah peserta didik Kelas V. Teknik dalam penelitian ini berupa observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpulan datanya berupa lembar observasi, tes/lembar soal, dan kamera. Analisis data menggunakan analisis instrument, analisis deskriptif, dan analisis komparasi. Hasil penelitian ini disimpulkan yaitu: Pertama. prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 73,48. Kedua, prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 77,87. Ketiga, adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat ditunjukkan dengan nilai taraf signifikan sig. (2- tailed) 0,045 yang lebih kecil dari 0,05 en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject prestasi belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account