dc.description.abstract |
DIRA ADELIA, Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V yang Diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning Di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: pertama, Prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kedua, Prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Ketiga, Perbedaan prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Lokasi penelitiannya adalah di SDN 03 Pontianak Selatan Jalan Sulawesi, Kecamatan Pontianak Selatan, Kalimantan Barat. Sumber datanya adalah peserta didik Kelas V. Teknik dalam penelitian ini berupa observasi, pengukuran, dan dokumentasi. Alat pengumpulan datanya berupa lembar observasi, tes/lembar soal, dan kamera. Analisis data menggunakan analisis instrument, analisis deskriptif, dan analisis komparasi.
Hasil penelitian ini disimpulkan yaitu: Pertama. prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 73,48. Kedua, prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 77,87. Ketiga, adanya perbedaan prestasi belajar peserta didik Kelas V yang diajar menggunakan model pembelajaran problem based learning dan project based learning di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024 dapat ditunjukkan dengan nilai taraf signifikan sig. (2- tailed) 0,045 yang lebih kecil dari 0,05 |
en_US |