PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author FATHANAH, RAFILLA
dc.date.accessioned 2024-08-15T01:49:01Z
dc.date.available 2024-08-15T01:49:01Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4977
dc.description.abstract Rafilla Fathanah “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning pada Materi Teknologi Untuk Kehidupan Kelas V di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan Kelas VA di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan Kelas VB di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dan Project Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan Kelas VA dan VB di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Quasi exsperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VA dan VB. Teknik berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan analisis komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan kelas VA di SDN 09 pontianak utara tahun pelajaran 2023/2024. Mengalami peningkatan sebesar 27,1 dari 46,13 (pretest) menjadi 73,23 (posttest). 2) Skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Project Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan kelas VB di SDN 09 pontianak utara tahun pelajaran 2023/2024. Mengalami peningkatan sebesar 39,19 dari 38,71 (pretest) menjadi 77,90 (posttest). 3) Terdapat Perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dan Project Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan kelas VA dan VB di SDN 09 Pontianak Utara 2023/2024. Dimana peningkatan prestasi belajar di kelas Problem Based Learning hanya sebesar 27,1 sedangkan pada kelas Project Based Learning sebesar 39,19. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject problem based learning en_US
dc.subject project based learning en_US
dc.subject prestasi belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 09 PONTIANAK UTARA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account