dc.description.abstract |
Rafilla Fathanah “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik yang
Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based
Learning pada Materi Teknologi Untuk Kehidupan Kelas V di SDN 09 Pontianak
Utara Tahun Pelajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri
Pontianak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Skor rata-rata Prestasi
belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning pada
materi teknologi untuk kehidupan Kelas VA di SDN 09 Pontianak Utara Tahun
Pelajaran 2023/2024. 2) Skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang
menggunakan model Project Based Learning pada materi teknologi untuk
kehidupan Kelas VB di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. 3)
Perbedaan prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based
Learning dan Project Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan Kelas
VA dan VB di SDN 09 Pontianak Utara Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen berbentuk Quasi exsperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas VA dan VB. Teknik berupa observasi, pengukuran dan
dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa lembar observasi, tes dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis instrumen, analisis deskriptif dan
analisis komparasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata prestasi belajar
peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning pada materi
teknologi untuk kehidupan kelas VA di SDN 09 pontianak utara tahun pelajaran
2023/2024. Mengalami peningkatan sebesar 27,1 dari 46,13 (pretest) menjadi 73,23
(posttest). 2) Skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang menggunakan model
Project Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan kelas VB di SDN
09 pontianak utara tahun pelajaran 2023/2024. Mengalami peningkatan sebesar
39,19 dari 38,71 (pretest) menjadi 77,90 (posttest). 3) Terdapat Perbedaan prestasi
belajar peserta didik yang menggunakan model Problem Based Learning dan
Project Based Learning pada materi teknologi untuk kehidupan kelas VA dan VB
di SDN 09 Pontianak Utara 2023/2024. Dimana peningkatan prestasi belajar di
kelas Problem Based Learning hanya sebesar 27,1 sedangkan pada kelas Project
Based Learning sebesar 39,19. |
en_US |