dc.description.abstract |
JUNANDI FAHRI. Pengembangan Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Multimodal Berbasis Android Kelas VI Tema 1 di SDN 08 Pontianak Utara Tahun Ajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ada di sekolah dimana guru masih menggunakan bahan ajar berbentuk cetak yang kurang efisien. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk mengembangkan sebuah bahan ajar dalam bentuk aplikasi yang di dalamnya membahas tentang materi tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan 4 tahapan penelitian, yaitu tahapan penetapan, perancangan, pengembangan dan penyebarluasan pada proses pengembangan aplikasi LKPD tematik multimodal berbasis android kelas VI Tema 1.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define (penetapan), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Disseminate (penyebarluasan). Sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SDN 08 Pontianak Utara.
Tahap pertama dilakukan proses define, yaitu tahap analisis: 1) tujuan pengembangan LKPD; 2) kelas dan peserta didik; 3) materi pelajaran; dan 4) spesifikasi produk. Tahap kedua yaitu proses design dimana dilakukan kegiatan merancangan LKPD dengan menggunakan Canva, Flip PDF Professional dan Web 2 APK Builder. Tahap ketiga yaitu proses development dmana dilakukan uji kelayakan dan kepraktisan produk. Hasil uji kelayakan menunjukkan, pada aspek produk mendapatkan skor rata-rata 4,61 dengan kategori Sangat Baik. Pada aspek bahasa mendapatkan skor rata-rata 4,61 dengan kategori Sangat Baik. Sedangkan pada aspek materi mendapatkan skor rata-rata 4,60 dengan kategori Sangat Baik. Adapun hasil uji kepraktisan menunjukkan, hasil angket kepraktisan guru mendapatkan skor rata-rata 4,83 dengan kategori Sangat Baik. Hasil angket kepraktisan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 4,41 dengan kategori Sangat Baik. Tahap keempat yaitu proses disseminate dimana produk aplikasi disebarluaskan kepada sekolah dan juga kepada publik melalui website. |
en_US |