Abstract:
ARDITA SUKMA (12001186), Pengaruh Penerapan strategi Reading aloud Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik sebelum diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak. 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik setelah diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak. 3) Pengaruh Penerapan strategi Reading aloud Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VIIIA MTs Mathla’ul Anwar Pontianak yang berjumlah 33 peserta didik, alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dan tes terdiri dari pernyataan kemampuan membaca Al-Qur’an. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan SPSS Statistik versi 17.0.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik sebelum diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase pretestt 62,06% dikategorikan “Baik” 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik setelah diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase posttest 65,35% dikategorikan “Baik” dengan hasil persentase yang meningkat 3) Pengaruh Penerapan strategi Reading aloud Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak berdasarkan hasil uji t diketahui sig.(2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan antara hasil Pretestt dan Posttest sehingga dapat dikatakan “terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan penerapan strategi Reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didikkelas VIIIA di MTs Mathla’ul Anwar Pontianak.”