PENGARUH PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS VIIIA MTS MATHLA’UL ANWAR PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dulhadi, Dulhadi
dc.contributor.advisor Sari, Nopita
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author SUKMA, ARDITA
dc.date.accessioned 2024-08-13T02:02:14Z
dc.date.available 2024-08-13T02:02:14Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4953
dc.description.abstract ARDITA SUKMA (12001186), Pengaruh Penerapan strategi Reading aloud Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik sebelum diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak. 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik setelah diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak. 3) Pengaruh Penerapan strategi Reading aloud Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta didik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didikkelas VIIIA MTs Mathla’ul Anwar Pontianak yang berjumlah 33 peserta didik, alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Observasi dan tes terdiri dari pernyataan kemampuan membaca Al-Qur’an. Kemudian untuk menganalisis data dengan bantuan SPSS Statistik versi 17.0. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik sebelum diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase pretestt 62,06% dikategorikan “Baik” 2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik setelah diterapkan penerapan strategi Reading aloud di kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak dengan hasil penelitian yang telah didapatkan peneliti dengan persentase posttest 65,35% dikategorikan “Baik” dengan hasil persentase yang meningkat 3) Pengaruh Penerapan strategi Reading aloud Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas VIIIA Mts Mathla’ul Anwar Pontianak berdasarkan hasil uji t diketahui sig.(2-tailed) bernilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan antara hasil Pretestt dan Posttest sehingga dapat dikatakan “terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan penerapan strategi Reading aloud terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didikkelas VIIIA di MTs Mathla’ul Anwar Pontianak.” en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Membaca Al-Qur’an en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN STRATEGI READING ALOUD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS VIIIA MTS MATHLA’UL ANWAR PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account