dc.description.abstract |
Indah Suryaningsih “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik yang diajar
Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based
Learning pada Materi Ekosistem yang Harmonis Kelas V di SDN 03 Pontianak
Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Pontianak.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pertama, skor rata-rata
Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran
Problem Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis Kelas VA di SDN
03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kedua, skor rata-rata Prestasi
belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based
Learning pada materi ekosistem yang harmonis Kelas VB di SDN 03 Pontianak
Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Ketiga, Perbedaan prestasi belajar peserta
didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan
Project Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis Kelas VA dan VB
di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
eksperimen berbentuk Quasi exsperimen. Lokasi penelitiannya di SDN 03
Pontianak Selatan Jl. Sulawesi Kota Baru. Sumber datanya adalah peserta didik
kelas VA dan VB. Tekniknya berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi.
Alatnya berupa lembar observasi, tes/lembar soal dan kamera. Analisis data
mengguanakan analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis komparasi.
Hasil penelitian ini disimpulkan yaitu: Pertama, Skor rata-rata prestasi
belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning pada materi ekosistem yang harmonis kelas VA di SDN 03 pontianak
selatan tahun pelajaran 2023/2024. Mengalami peningkatan sebesar 19,85 dari
52,81 (pretest) menjadi 72,66 (posttest), namun hasil posttestnya masih dibawah
KKM. Kedua, Skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang diajar
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi ekosistem
yang harmonis kelas VB di SDN 03 pontianak selatan tahun pelajaran 2023/2024.
Mengalami peningkatan sebesar 33,28 dari 44,53 (pretest) menjadi 77,81 (posttest),
Posttestnya sudah mencapai KKM. Ketiga, Terdapat Perbedaan prestasi belajar
peserta dididk yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning dan Project Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis kelas
VA dan VB di SDN 03 Pontianak Selatan. Dimana peningkatan prestasi belajar di
kelas PBL hanya sebesar 19,85 sedangkan pada kelas PjBL sebesar 33,28. |
en_US |