PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.advisor Erwin, Erwin
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author SURYANINGSIH, INDAH
dc.date.accessioned 2024-08-13T01:59:43Z
dc.date.available 2024-08-13T01:59:43Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4952
dc.description.abstract Indah Suryaningsih “Perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik yang diajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning pada Materi Ekosistem yang Harmonis Kelas V di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: Pertama, skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis Kelas VA di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Kedua, skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis Kelas VB di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Ketiga, Perbedaan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis Kelas VA dan VB di SDN 03 Pontianak Selatan Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk Quasi exsperimen. Lokasi penelitiannya di SDN 03 Pontianak Selatan Jl. Sulawesi Kota Baru. Sumber datanya adalah peserta didik kelas VA dan VB. Tekniknya berupa observasi, pengukuran dan dokumentasi. Alatnya berupa lembar observasi, tes/lembar soal dan kamera. Analisis data mengguanakan analisis instrumen, analisis deskriptif, dan analisis komparasi. Hasil penelitian ini disimpulkan yaitu: Pertama, Skor rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis kelas VA di SDN 03 pontianak selatan tahun pelajaran 2023/2024. Mengalami peningkatan sebesar 19,85 dari 52,81 (pretest) menjadi 72,66 (posttest), namun hasil posttestnya masih dibawah KKM. Kedua, Skor rata-rata Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis kelas VB di SDN 03 pontianak selatan tahun pelajaran 2023/2024. Mengalami peningkatan sebesar 33,28 dari 44,53 (pretest) menjadi 77,81 (posttest), Posttestnya sudah mencapai KKM. Ketiga, Terdapat Perbedaan prestasi belajar peserta dididk yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning pada materi ekosistem yang harmonis kelas VA dan VB di SDN 03 Pontianak Selatan. Dimana peningkatan prestasi belajar di kelas PBL hanya sebesar 19,85 sedangkan pada kelas PjBL sebesar 33,28. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 03 PONTIANAK SELATAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account