dc.description.abstract |
DAVID.KS.12010121, “Penerapan Strategi Know Want to Learn
Menggunakan Media Cerita Berganbar untuk Meningkatkan Minat Membaca
Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 03 Serawai
Kabupaten Sintang”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Pontianak 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Minat membaca
Peserta Didik sebelum diterapkan Strategi Know Want to Learn (KWL)
menggunakan Media Cerita Bergambar pada mata pelajaran bahasa indonesia
materi puisi kelas IV di SD Negeri 03 Serawai Kab. Sintang ; 2) Langkah-langkah
penerapan Strategi menggunakan Media pada mata pelajaran bahasa Indonesia
materi puisi untuk meningkatkan minat membaca Peserta Didik kelas IV di SD
Negeri Serawai 03 Kab. Sintang; 3) Minat membaca peserta didik sesudah
diterapkannya Strategi menggunakan Media pada mata pelajaran bahasa Indonesia
materi puisi untuk meningkatkan minat membaca Peserta didik kelas IV di SD
Negeri Serawai 03 Kab. Sintang; 4) Peningkatan sebelum dan sesudah diterapkan
Strategi menggunakan Media untuk meningkatkan minat membaca Peserta didik
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi puisi kelas IV SD Negeri Serawai 03 Kab.
Sintang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), sumber data
terdiri dari guru dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini adalah teknik observasi (pengamatan), teknik pengukuran (angket),
dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah
pedoman observasi, foto, dan lembar angket.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1) Minat Membaca peserta didik sebelum menggunakan strategi dan media
pada peserta didik kelas IV SDN 03 Serawai dari total 28 peserta didik sebesar
44,28% ; 2) Minat Membaca, setelah menggunakan strategi dan media sebesar
53,57% belum mencapai titik kesesuaian indikator keberhasilan yaitu 60% ; 3)
terdapat peningkatan Minat Membaca peserta didik menggunakan strategi dan
media dari total 28 peserta didik sebesar 75,35% yang sudah termasuk dalam
indikator keberhasilan ; 4) Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Know
Want To Learn (KWL) dan media Cerita Bergambar dapat meningkatkan minat
membaca peserta didik kelas IV SDN 03 Serawai |
en_US |