PENERAPAN STRATEGI KNOW WANT TO LEARN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 03 SERAWAI KABUBATEN SINTANG

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Zurayah, Helva
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author KS, David
dc.date.accessioned 2024-08-13T00:56:03Z
dc.date.available 2024-08-13T00:56:03Z
dc.date.issued 2024-07
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4945
dc.description.abstract DAVID.KS.12010121, “Penerapan Strategi Know Want to Learn Menggunakan Media Cerita Berganbar untuk Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 03 Serawai Kabupaten Sintang”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Minat membaca Peserta Didik sebelum diterapkan Strategi Know Want to Learn (KWL) menggunakan Media Cerita Bergambar pada mata pelajaran bahasa indonesia materi puisi kelas IV di SD Negeri 03 Serawai Kab. Sintang ; 2) Langkah-langkah penerapan Strategi menggunakan Media pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi untuk meningkatkan minat membaca Peserta Didik kelas IV di SD Negeri Serawai 03 Kab. Sintang; 3) Minat membaca peserta didik sesudah diterapkannya Strategi menggunakan Media pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi untuk meningkatkan minat membaca Peserta didik kelas IV di SD Negeri Serawai 03 Kab. Sintang; 4) Peningkatan sebelum dan sesudah diterapkan Strategi menggunakan Media untuk meningkatkan minat membaca Peserta didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi puisi kelas IV SD Negeri Serawai 03 Kab. Sintang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), sumber data terdiri dari guru dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi (pengamatan), teknik pengukuran (angket), dan teknik dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, foto, dan lembar angket. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Minat Membaca peserta didik sebelum menggunakan strategi dan media pada peserta didik kelas IV SDN 03 Serawai dari total 28 peserta didik sebesar 44,28% ; 2) Minat Membaca, setelah menggunakan strategi dan media sebesar 53,57% belum mencapai titik kesesuaian indikator keberhasilan yaitu 60% ; 3) terdapat peningkatan Minat Membaca peserta didik menggunakan strategi dan media dari total 28 peserta didik sebesar 75,35% yang sudah termasuk dalam indikator keberhasilan ; 4) Dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Know Want To Learn (KWL) dan media Cerita Bergambar dapat meningkatkan minat membaca peserta didik kelas IV SDN 03 Serawai en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Minat Membaca en_US
dc.subject Strategi Know Want To Learn (KWL) en_US
dc.subject Media Cerita Bergambar en_US
dc.title PENERAPAN STRATEGI KNOW WANT TO LEARN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 03 SERAWAI KABUBATEN SINTANG en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account