dc.description.abstract |
Resti Puspita Sari. 2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Pontianak. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas V SDN 03 Pontianak Timur.
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil belajar yang rendah dikarenakan kurangnya perhatian peserta didik pada saat proses pembelajaran. Hal ini menjadi penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dan pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model discovery learning pada peserta didik kelas V SDN 03 Pontianak Timur.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 03 Pontianak Timur, sejumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Embedded Desisgn.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN 03 Pontianak Timur. Hal ini di buktikan dengan sebelum meggunakan model discovery learning yaitu sebanyak 14 peserta didik mencapai skor lebih dari 75 dengan ketuntasan klasikan 45,2% dengan rata-rata 62,03 dan nilai terendah 30, nilai tertinggi 85. Pada saat siklus I mengalami sedikit peningkatan rata-rata sebesar 75,54 peserta didik yag mencapai skor 75 sebanyak 15 peserta didik dengan ketuntasan klasikal sebesar 48,4% dan nilai terendah 50, nilai tertinggi 90. Pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata 89,35 untuk ketuntasan klasikal sebesar 93,5% dengan jumlah peserta didik yang mencapai skor 75 sebanyak 29 peserta didik dan nilai terendah 60, nilai tertinggi 100.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik dengan model discovery learning meningkat. Sehingga jelas pada siklus II hasil belajar peserta didik sudah mencapai ketuntasan klasikal. Ini menunjukkan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SDN 03 Pontianak Timur. |
en_US |