PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CERDAS, CERMAT, CEPAT DAN TEPAT DIBANTU MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL TERHADAP NILAI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 PONTIANAK UTARA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author NURHISNAWATI, NURHISNAWATI
dc.date.accessioned 2024-08-01T03:26:42Z
dc.date.available 2024-08-01T03:26:42Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4909
dc.description.abstract NURHISNAWATI, “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat dibantu Media Pembelajaran Spinning Wheel Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN 09 Pontianak Utara” Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Nilai belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat) dibantu media pembelajaran Spinning Wheel materi gaya otot dan gaya gesek kelas IV SDN 09 Pontianak Utara; 2) Nilai belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran C3T (Cerdas, cermat, Cepat dan tepat) dibantu media pembelajaran Spinning Wheel materi gaya otot dan gaya gesek kelas IV SDN 09 Pontianak Utara dan 3) Pengaruh penggunaan metode pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat) dibantu media pembelajaran Spinning Wheel terhadap nilai berlajar peserta didik materi gaya otot dan gaya gesek kelas IV SDN 09 Pontianak Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desaign. Populasi berjumlah 100 peserta didik. Menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, soal pilihan ganda (pre-test dan post-test) dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan metode C3T (Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat) dibantu media Spinning Wheel masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata pre-test dan 58,00 nilai rata-rata post-test 68,52. 2) Nilai belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat Cepat dan Tepat) dibantu media pembelajaran Spinning Wheel adanya peningkatan, dengan nilai rata-rata pre-test 55,58 dan nilai rata-rata post-test 77,05 dan 3) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran C3T (Cerdas, Cermat, Cepat dan Tepat) dibantu media pembelajaran Spinning Wheel terhadap nilai berlajar peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,030 < 0,050. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode C3T en_US
dc.subject Spinning Wheel en_US
dc.subject Nilai Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CERDAS, CERMAT, CEPAT DAN TEPAT DIBANTU MEDIA PEMBELAJARAN SPINNING WHEEL TERHADAP NILAI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 PONTIANAK UTARA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account