Abstract:
Tri Nurmahmudi, 2024. Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka
Belajar di Madrasah Aliyah As-Salam Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi.
Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2024.
Kurikulum Merdeka sebagai bentuk penyempurnaan Kurikulum 2013
tentunya mendapatkan ragam tanggapan dari para guru. Masing-masing ada yang
mendukung dan tidak sedikit yang mengeluhkan perubahan kurikulum yang dirasa
terlalu cepat menggantikan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang Persepsi Guru terhadap
pembelajaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Asesmen kurikulum
merdeka di MA As-Salam Pontianak.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer
yaitu guru yang pernah mengikuti pelatihan kurikulum merdeka dan sumber data
sekunder yaitu dokumentasi berupa buku, artikel, dan jurnal yang di dalamnya
berisi tentang kurikulum merdeka dan gambaran geografis, demografis, visi-misi
sekolah serta susunan organisasi, data-data kegiatan, Kurikulum dan aturan di MA
As-Salam Kota Pontianak. Dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam
penelitian ini meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas dan uji objektivitas.
Hasil penelitian ini adalah 1) para guru memiliki persepsi positif terhadap
kurikulum merdeka. Mereka menganggap Kurmer memberikan kebebasan kepada
siswa dalam proses pembelajaran, serta memungkinkan variasi pembelajaran yang
sesuai dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan peserta didik. 2) Persepsi guru
terhadap P5 dalam Kurmer di MA As-Salam Pontianak juga tergolong baik. Mereka
melihat P5 sebagai sarana untuk menanamkan nilai karakter dan kemampuan yang
dibangun dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa. 3) Persepsi guru terhadap
asesmen dalam Kurmer di MA As-Salam Pontianak cukup baik. Mereka menyadari
pentingnya asesmen dalam pembelajaran untuk memberikan umpan balik kepada
siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. students and improve the quality
of learning.