PERSEPSI GURU TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH AS-SALAM PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Anggara, Oki
dc.contributor.advisor Rustam, Rustam
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.author NURMAHMUDI, TRI
dc.date.accessioned 2024-08-01T02:55:06Z
dc.date.available 2024-08-01T02:55:06Z
dc.date.issued 2024-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4905
dc.description.abstract Tri Nurmahmudi, 2024. Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Aliyah As-Salam Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Tahun 2024. Kurikulum Merdeka sebagai bentuk penyempurnaan Kurikulum 2013 tentunya mendapatkan ragam tanggapan dari para guru. Masing-masing ada yang mendukung dan tidak sedikit yang mengeluhkan perubahan kurikulum yang dirasa terlalu cepat menggantikan Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dan mendeskripsikan data tentang Persepsi Guru terhadap pembelajaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Asesmen kurikulum merdeka di MA As-Salam Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer yaitu guru yang pernah mengikuti pelatihan kurikulum merdeka dan sumber data sekunder yaitu dokumentasi berupa buku, artikel, dan jurnal yang di dalamnya berisi tentang kurikulum merdeka dan gambaran geografis, demografis, visi-misi sekolah serta susunan organisasi, data-data kegiatan, Kurikulum dan aturan di MA As-Salam Kota Pontianak. Dengan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji kredibilitas, uji transferabilitas dan uji objektivitas. Hasil penelitian ini adalah 1) para guru memiliki persepsi positif terhadap kurikulum merdeka. Mereka menganggap Kurmer memberikan kebebasan kepada siswa dalam proses pembelajaran, serta memungkinkan variasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tahapan perkembangan peserta didik. 2) Persepsi guru terhadap P5 dalam Kurmer di MA As-Salam Pontianak juga tergolong baik. Mereka melihat P5 sebagai sarana untuk menanamkan nilai karakter dan kemampuan yang dibangun dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa. 3) Persepsi guru terhadap asesmen dalam Kurmer di MA As-Salam Pontianak cukup baik. Mereka menyadari pentingnya asesmen dalam pembelajaran untuk memberikan umpan balik kepada siswa dan meningkatkan kualitas pembelajaran. students and improve the quality of learning. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Persepsi en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Kurikulum Merdeka en_US
dc.title PERSEPSI GURU TERHADAP KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH AS-SALAM PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account