PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MASYARAKAT DI DAERAHKU KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Anggara, Oki
dc.contributor.author RAHMAWATI, RAHMAWATI
dc.date.accessioned 2024-08-01T01:48:51Z
dc.date.available 2024-08-01T01:48:51Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4899
dc.description.abstract RAHMAWATI. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Masyarakat di Daerahku Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penggunaan model pembelajaran akan membantu dalam merencanakan pembelajaran di kelas. Model Team Assisted Individualization (TAI) adalah pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran individual melalui belajar kelompok. Pada observasi awal, terdapat informasi bahwa kelas C dan E memiliki kesulitan dalam belajar IPAS dengan rata-rata nilai pembelajaran IPAS 65,55 dan 60,55 yang masih tergolong rendah. Dengan masalah ini, peneliti bertujuan untuk memaparkan: 1) Hasil belajar peserta didik pada materi Masyarakat di Daerahku pelajaran IPAS yang tidak menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 2) Hasil belajar peserta didik pada materi Masyarakat di Daerahku pelajaran IPAS yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. 3) Bagaimana pengaruh hasil belajar terhadap model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada materi Masyarakat di Daerahku kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari lima kelas. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data adalah tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda (pre test dan post test), lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) nilai rata-rata pre test 63,38 dan nilai rata-rata post test 71,63. 2) Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) nilai rata-rata pre test 60,61 dan nilai rata-rata post test 80,24. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) memiliki pengaruh sebesar 2,594. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Team Assisted Individualization (TAI) en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI MASYARAKAT DI DAERAHKU KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account