PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MIS NURUL HASANAH SUNGAI NIPAH TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author PUTRI, MIRA RIZKIKA
dc.date.accessioned 2024-07-22T07:48:45Z
dc.date.available 2024-07-22T07:48:45Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4875
dc.description.abstract MIRA RIZKIKA PUTRI (12010092), Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V Di MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah Tahun Ajaran 2023/2024 : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatar belakangi adanya sejumlah peserta didik nilainya belum mencapai KKM pada mata pelajaran IPAS materi Sistem Pencernaan Manusia. Nilai yang belum mencapai KKM itu disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya adalah model pembelajaran serta media yang digunakan tidak bervariasi. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan: 1) Hasil belajar kelas kontrol VB sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box. 2) Hasil belajar kelas eksperimen VA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box. 3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan media question box terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design Lokasi penelitiannya di MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah dengan sumber datanya adalah peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes, dan pedoman dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, persamaan regresi dan Uji-T. Hasil penelitian ini adalah 1) Hasil belajar kelas kontrol pada mata pelajaran IPAS di MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah nilai pretest 60,46 dan saat posttest meningkat menjadi 74,43. 2) Hasil belajar kelas eksperimen pada mata pelajaran IPAS di MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah nilai pretest 67,15 dan saat posttest meningkat menjadi 83,06. 3) Berdasarkan analisis data terdapat pengaruh nilai yang signifikan 0,001 < 0,05 dan t-hitung 10.232 >2.040 t-tabel, maka hipotesis diterima (Hɑ) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh variabel X ( Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick) terhadap Variabel Y ( Hasil Belajar). en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick en_US
dc.subject Question Box en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA QUESTION BOX TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V DI MIS NURUL HASANAH SUNGAI NIPAH TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account