Abstract:
Hamidun (11901087), Penggunaan Model Pembelajaran Empirik Kolb Dalam
Materi Menghafal Juz Amma Di Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Pontianak Tahun
Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi
Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023.
Dalam proses pembelajaran, tentunya guru sering kali mengalami berbagai
masalah atau keluhan tersendiri, seperti peserta didik kesulitan dalam menghafal
Juz Amma. Diantaranya karena kebiasaan sifat malas, dan ada juga peserta
didik yang bisa membaca Al-Quran tetapi masih terbata-bata. Mengingat bahwa
model pembelajaran empirik kolb sangat baik digunakan dalam meningkatkan
kemampuan peserta didik dalam menghafal, maka peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian tentang penggunaan model empirik kolb dalam pelajaran menghafal
surah Juz Amma. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan:
(1) Langkah- langkah penggunaan model pembelajaran empirik kolb (2) Media
pembelajaran yang mendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran empirik
kolb (3) Kendala atau hambatan yang muncul saat digunakan model pembelajaran
empirik kolb (4) Cara guru mengatasi kendala atau hambatan yang muncul saat
penggunaan model pembelajaran empirik kolb.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Serta diambil dari sumber data primer yaitu guru PAI
dan peserta didik kelas XII MIPA 2, sumber data sekunder yakni buku dan jurnal.
Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksa keabsahan
data yakni, triangulasi sumber, member check.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah penggunaan
model pembelajaran empirik kolb yaitu langkah pengalaman nyata, langkah
observasi refleksi, langkah konseptualisasi, langkah implementasi (2) Media
pembelajaran yang mendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran empirik
kolb ialah PPT, aplikasi tajwid, proyektor, video, dan flashcard (3) Kendala atau
hambatan yang muncul saat digunakan model pembelajaran empirik kolb adalah (a)
anak tidak fasih dalam membaca ayat Al-Quran (b) kurangnya minat anak untuk
menghafal Al- Quran (c) tidak memiliki Al-Quran maksudnya kurang tersedianya
fasilitas kitab Al-Quran. (4) Cara guru mengatasi kendala atau hambatan yang
muncul saat penggunaan model pembelajaran empirik kolb, ialah mengajak peserta
didik untuk memurojaah atau mengulang-ulang kembali hafalannya di setiap
pertemuan dan mencontohkan bacaannya