PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EMPIRIK KOLB DALAM MATERI MENGHAFAL JUZ AMMA DI KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Atmaja, Dwi Surya
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.author HAMIDUN, HAMIDUN
dc.date.accessioned 2024-07-22T07:21:22Z
dc.date.available 2024-07-22T07:21:22Z
dc.date.issued 2023-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4869
dc.description.abstract Hamidun (11901087), Penggunaan Model Pembelajaran Empirik Kolb Dalam Materi Menghafal Juz Amma Di Kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023. Dalam proses pembelajaran, tentunya guru sering kali mengalami berbagai masalah atau keluhan tersendiri, seperti peserta didik kesulitan dalam menghafal Juz Amma. Diantaranya karena kebiasaan sifat malas, dan ada juga peserta didik yang bisa membaca Al-Quran tetapi masih terbata-bata. Mengingat bahwa model pembelajaran empirik kolb sangat baik digunakan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang penggunaan model empirik kolb dalam pelajaran menghafal surah Juz Amma. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Langkah- langkah penggunaan model pembelajaran empirik kolb (2) Media pembelajaran yang mendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran empirik kolb (3) Kendala atau hambatan yang muncul saat digunakan model pembelajaran empirik kolb (4) Cara guru mengatasi kendala atau hambatan yang muncul saat penggunaan model pembelajaran empirik kolb. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta diambil dari sumber data primer yaitu guru PAI dan peserta didik kelas XII MIPA 2, sumber data sekunder yakni buku dan jurnal. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian teknik pemeriksa keabsahan data yakni, triangulasi sumber, member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran empirik kolb yaitu langkah pengalaman nyata, langkah observasi refleksi, langkah konseptualisasi, langkah implementasi (2) Media pembelajaran yang mendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran empirik kolb ialah PPT, aplikasi tajwid, proyektor, video, dan flashcard (3) Kendala atau hambatan yang muncul saat digunakan model pembelajaran empirik kolb adalah (a) anak tidak fasih dalam membaca ayat Al-Quran (b) kurangnya minat anak untuk menghafal Al- Quran (c) tidak memiliki Al-Quran maksudnya kurang tersedianya fasilitas kitab Al-Quran. (4) Cara guru mengatasi kendala atau hambatan yang muncul saat penggunaan model pembelajaran empirik kolb, ialah mengajak peserta didik untuk memurojaah atau mengulang-ulang kembali hafalannya di setiap pertemuan dan mencontohkan bacaannya en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Empirik Kolb en_US
dc.subject Menghafal Juz Amma en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EMPIRIK KOLB DALAM MATERI MENGHAFAL JUZ AMMA DI KELAS XII MIPA 2 SMA NEGERI 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account