Abstract:
Syarifah Nilam Mustika Permata. Pengembangan Bahan Ajar
E-LKPD Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran
Fikih Kelas XI MAN 2 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kelayakan
bahan ajar E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata
pelajaran fikih kelas XI MAN 2 Pontianak. 2) Untuk mengetahui respon
peserta didik terhadap pengembangan E-LKPD berbasis pembelajaran
berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Pontianak. 3) Untuk
mengetahui respon guru fikih terhadap pengembangan E-LKPD berbasis
pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih di MAN 2
Pontianak.
Jenis penelitian ini merupakan research and development (R&D)
model 4D, yang dimulai dengan tahap define, design, development dan
disseminate. Subjek penelitian berupa bahan ajar E-LKPD yang
diujicobakan dengan melibatkan 35 orang peserta didik kelas XI di MAN 2
Pontianak. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan
oleh ahli dan angket respon peserta didik dan guru fikih. Penilaian
kelayakan melibatkan tiga orang ahli yaitu ahli media, materi dan bahasa.
Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat
kelayakan bahan ajar E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada
mata pelajaran fikih kelas XI MAN 2 Pontianak menunjukan hasil dengan
kriteria layak dengan persentase skor rata-rata untuk kelayakan media 77%
(layak), kelaykan materi 90% (sanga layak) dan kelayakan bahasa 87%
(sangat layak). 2) Respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis
pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas XI MAN 2
Pontianak memperoleh skor rata-rata dengan persentase 80% yang
dikategorikan baik. 3) Respon guru fikih terhadap pengembangan E-LKPD
berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas XI
MAN 2 Pontianak memperoleh skor rata-rata dengan skor 84% yang
dikategorikan sangat baik. Oleh kareni itu, E-LKPD berbasis pembelajaran
berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih layak digunakan dalam proses
pembelajaran.