PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MAN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Usman, Usman
dc.contributor.author Permata, Syarifah Nilam Mustika
dc.date.accessioned 2024-07-18T02:36:43Z
dc.date.available 2024-07-18T02:36:43Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4860
dc.description.abstract Syarifah Nilam Mustika Permata. Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas XI MAN 2 Pontianak. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat kelayakan bahan ajar E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas XI MAN 2 Pontianak. 2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Pontianak. 3) Untuk mengetahui respon guru fikih terhadap pengembangan E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih di MAN 2 Pontianak. Jenis penelitian ini merupakan research and development (R&D) model 4D, yang dimulai dengan tahap define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian berupa bahan ajar E-LKPD yang diujicobakan dengan melibatkan 35 orang peserta didik kelas XI di MAN 2 Pontianak. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian kelayakan oleh ahli dan angket respon peserta didik dan guru fikih. Penilaian kelayakan melibatkan tiga orang ahli yaitu ahli media, materi dan bahasa. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tingkat kelayakan bahan ajar E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas XI MAN 2 Pontianak menunjukan hasil dengan kriteria layak dengan persentase skor rata-rata untuk kelayakan media 77% (layak), kelaykan materi 90% (sanga layak) dan kelayakan bahasa 87% (sangat layak). 2) Respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas XI MAN 2 Pontianak memperoleh skor rata-rata dengan persentase 80% yang dikategorikan baik. 3) Respon guru fikih terhadap pengembangan E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih kelas XI MAN 2 Pontianak memperoleh skor rata-rata dengan skor 84% yang dikategorikan sangat baik. Oleh kareni itu, E-LKPD berbasis pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran fikih layak digunakan dalam proses pembelajaran. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject E-LKPD en_US
dc.subject Berdiferensiasi en_US
dc.subject Fikih en_US
dc.title PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MAN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account