Abstract:
RARA MAULIZA, 11911007, Pembelajaran Seni Finger Painting Pada Tema Panca Indra Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Dalam penelitian ini terdapat latar belakang masalah yang menjadi acuan peneliti untuk menggali lebih jauh akar masalah serta penyelesaian yang ingin dicapai peneliti di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak. Tujuan pelaksaaan dari kegiatan finger painting adalah untuk membantu pengembangakan motorik halus anak, kemudian membantu mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kreativitas anak usia dini di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak; (2) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran seni finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini; (3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran seni finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan.
Maka penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran seni finger panting dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak pada kelas B4, kreativitas yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mencakup, imajinatif, inovatif, eksploratif dan fleksibel; kemudian langkah-langkah Pembelajaran seni finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksaan finger painting dalam kreativitas anak usia dini, memiki dua faktor ada faktor pendukung dan faktor penghambat