PEMBELAJARAN SENI FINGER PAINTING PADA TEMA PANCA INDRA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM BINA 45 KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Prisuna, Bayu Fitra
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Harriska, Harriska
dc.contributor.author MAULIZA, RARA
dc.date.accessioned 2024-07-18T02:27:50Z
dc.date.available 2024-07-18T02:27:50Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4857
dc.description.abstract RARA MAULIZA, 11911007, Pembelajaran Seni Finger Painting Pada Tema Panca Indra Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Dalam penelitian ini terdapat latar belakang masalah yang menjadi acuan peneliti untuk menggali lebih jauh akar masalah serta penyelesaian yang ingin dicapai peneliti di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak. Tujuan pelaksaaan dari kegiatan finger painting adalah untuk membantu pengembangakan motorik halus anak, kemudian membantu mengembangkan kreativitas yang dimiliki oleh anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kreativitas anak usia dini di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak; (2) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran seni finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini; (3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran seni finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajiaan data, dan penarikan kesimpulan. Maka penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pembelajaran seni finger panting dalam kegiatan pembelajaran di TK Islam Bina 45 Kota Pontianak pada kelas B4, kreativitas yang dimaksud dalam penelitian ini adalah mencakup, imajinatif, inovatif, eksploratif dan fleksibel; kemudian langkah-langkah Pembelajaran seni finger painting dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini yaitu kegiatan pembukaan, kegiatan inti dan kegiatan penutup; Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksaan finger painting dalam kreativitas anak usia dini, memiki dua faktor ada faktor pendukung dan faktor penghambat en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pembelajaran Finger Panting en_US
dc.subject Mengembangkan Kreativitas en_US
dc.title PEMBELAJARAN SENI FINGER PAINTING PADA TEMA PANCA INDRA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK ISLAM BINA 45 KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account