PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MIS NURUL HASANAH SUNGAI NIPAH TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Djarot, Muchammad
dc.contributor.advisor Fathurrosi, Fathurrosi
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.author SAFITRI, MIA
dc.date.accessioned 2024-07-18T02:11:08Z
dc.date.available 2024-07-18T02:11:08Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4854
dc.description.abstract MIA SAFITRI (12010084). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar Peserta Didik Materi Peta Kelas V MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah Tahun Ajaran 2023/2024. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya sejumlah peserta didik yang nilainya belum mencapai KKM. Nilai yang belum mencapai KKM itu dapat disebabkan berbagai faktor salah satunya model pembelajaran yang tidak bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) Langkah-langkah penggunaan model pembelajaran talking stick. 2) hasil belajar peserta didik. 3) pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stik terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen berbentuk quasy eksperimen. Lokasi penelitian bertempat di MIS Nurul Hasanah Sungai Nipah dengan sumber data adalah peserta didik kelas V. Teknis pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpulan data berupa pedoman observasi, soal tes, pedoman dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah analisis instrumen, analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, persamaan regresi, Uji T, Indeks determinasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) penggunaan model pembelajaran talking stick telah digunakan 100% dengan kategori sangat baik. 2) hasil belajar saat pretes dikelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai 60,94 dan posttest naik menjadi 78,81. Sedangkan kelas kontrol saat pretest diperoleh rata-rata nilai 60,09 dan saat posttest naik menjadi 67,88. 3) Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai sig. = 0,000 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05. Karena nilai Sig. < α = (0,05), maka Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar peserta didik pada materi peta di kelas V dengan besar pengaruh sebesar 40,2 %. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran Talking Stick en_US
dc.subject lmu Pengetahuan sosial en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI MIS NURUL HASANAH SUNGAI NIPAH TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account