Abstract:
ERNA WATI, Pengaruh Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca Terhadap Perkembangan Bahasa di TKIT Al-Karima Tahun Ajaran 2023/2024 : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca di TKIT Al-Karima Terhadap Perkembangan Bahasa, 2) Perkembangan Bahasa Usia 5-6 Tahun di TKIT Al-Karima, 3) Pengaruh Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca Terhadap Perkembangan Bahasa di TKIT Al-Karima.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain control group pre-test post-test, populasi penelitian ini seluruh siswa kelompok B1 dan B3 di TKIT Al-Karima tahun ajaran 2023/2024 usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling kelompok B1 yang berjumlah 12 siswa untuk kelas eksperimen dan kelompok B3 berjumlah 11 siswa untuk kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes secara lisan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar observasi, lembar penilaian cheklist dan dokumen dokumen pendukung. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca Terhadap Perkembangan Bahasa dalam proses pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga kegiatan yaitu ada pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dari ketiga kegiatan tersebut kegiatan inti yang merupakan proses pembelajaran peggunaan metode SAS berbantuan alat permainan edukatif monopoli baca 2) Perkembangan bahasa untuk usia 5-6 tahun di TKIT Al-Karima setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen menunjukan nilai rata-rata sebesar 24,75 melalui penilaian cheklist yang mana anak sudah mencapai target peneliti yaitu apabila ditotalkan sudah 100% anak yang (BSH) dan (BSB) 3) pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan alat permainan edukatif monopoli baca terhadap perkembangan bahasa di TKIT Al-Karima melalui Uji-T bahwa diproleh nilai yang signifikan yaitu 0,001>0,005, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode sas berbantuan alat permainan edukatif monopoli baca terhadap perkembangan bahasa di TKIT Al-Karima.