PENGARUH PENGGUNAAN METODE SAS BERBANTUAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MONOPOLI BACA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA DI TKIT AL - KARIMA TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.author WATI, ERNA
dc.date.accessioned 2024-07-16T03:23:17Z
dc.date.available 2024-07-16T03:23:17Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4849
dc.description.abstract ERNA WATI, Pengaruh Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca Terhadap Perkembangan Bahasa di TKIT Al-Karima Tahun Ajaran 2023/2024 : Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Institut Agama Islam Negeri ( IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca di TKIT Al-Karima Terhadap Perkembangan Bahasa, 2) Perkembangan Bahasa Usia 5-6 Tahun di TKIT Al-Karima, 3) Pengaruh Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca Terhadap Perkembangan Bahasa di TKIT Al-Karima. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dengan desain control group pre-test post-test, populasi penelitian ini seluruh siswa kelompok B1 dan B3 di TKIT Al-Karima tahun ajaran 2023/2024 usia 5-6 tahun yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling kelompok B1 yang berjumlah 12 siswa untuk kelas eksperimen dan kelompok B3 berjumlah 11 siswa untuk kelas kontrol. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes secara lisan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan lembar observasi, lembar penilaian cheklist dan dokumen dokumen pendukung. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan Metode SAS Berbantuan Alat Permainan Edukatif Monopoli Baca Terhadap Perkembangan Bahasa dalam proses pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga kegiatan yaitu ada pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup dari ketiga kegiatan tersebut kegiatan inti yang merupakan proses pembelajaran peggunaan metode SAS berbantuan alat permainan edukatif monopoli baca 2) Perkembangan bahasa untuk usia 5-6 tahun di TKIT Al-Karima setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen menunjukan nilai rata-rata sebesar 24,75 melalui penilaian cheklist yang mana anak sudah mencapai target peneliti yaitu apabila ditotalkan sudah 100% anak yang (BSH) dan (BSB) 3) pengaruh penggunaan metode SAS berbantuan alat permainan edukatif monopoli baca terhadap perkembangan bahasa di TKIT Al-Karima melalui Uji-T bahwa diproleh nilai yang signifikan yaitu 0,001>0,005, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode sas berbantuan alat permainan edukatif monopoli baca terhadap perkembangan bahasa di TKIT Al-Karima. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode SAS en_US
dc.subject Alat Permainan Edukatif en_US
dc.subject Perkembangan Bahasa en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE SAS BERBANTUAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF MONOPOLI BACA TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA DI TKIT AL - KARIMA TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account