Abstract:
NURCAHYANI. Pengaruh Kemasan Produk Minuman terhadap Omset Usaha Lokale (Sultan Abdurrahman Pontianak). Program Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) hubungan antara kemasan produk minuman Lokale dengan tingkat penjualan dan omset usaha mikro; (2) menilai sejauh mana kemasan produk minuman Lokale dapat mempengaruhi preferensi konsumen dan keputusan pembelian mereka; (3) mengidentifikasi faktor-faktor dalam kemasan produk minuman Lokale yang paling berpengaruh terhadap peningkatan omset usaha mikro.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) kemasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap omset usaha mikro produk Lokale. Hal ini terbukti dari nilai sig. 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 5,074 > ttabel 2,000; (2) kemasan produk mempengaruhi omset Lokale sebesar 30,7% sementara 69,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain; (3) beberapa hal yang mempengaruhi keterkaitan antara kemasan produk dan omset Lokale adalah daya tarik visual, fungsionalitas dan keamanan, branding dan citra, dan strategi pemasaran.