PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS DI MIN 2 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Asmiati, Syarifah
dc.contributor.advisor Surianto, Surianto
dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.author MADONA, MADONA
dc.date.accessioned 2024-07-04T01:44:05Z
dc.date.available 2024-07-04T01:44:05Z
dc.date.issued 2024-06
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4808
dc.description.abstract MADONA, Pengaruh Strategi Crossword Puzzle Berbantuan Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS di MIN 2 Pontianak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1) penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book; 2) hasil belajar antara kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book atau kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book; 3) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas V MIN 2 Pontianak tahun ajaran 2023/2024. Model dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan menggunakan desain equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Pontianak. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas V D sebagai kelas kontrol berjumlah 40 peserta didik dan kelas V E sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi, soal tes, dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Langkah-langkah penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 2) Hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book dengan rata-rata nilai harian 62,75, persentase 20% tuntas dan 80% tidak tuntas. Kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book dengan rata-rata nilai harian 83,00, persentase 78% tuntas dan 23% tidak tuntas. 3) Berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan uji mann-whitney nilai pretest dan posttest kelas eksperimen yang telah dihitung menggunakan SPSS versi 25 bahwa diketahui nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang mana nilai tersebut kurang dari 0,05, sehingga 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Maka, terdapat pengaruh dari strategi pembelajaran crossword puzzle berbantuan media pop up book terhadap hasil belajar peserta didik Mata Pelajaran IPS Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan) Subtema 1 (Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan) Pembelajaran 1 (Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat) kelas V di MIN 2 Pontianak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Crossword Puzzle en_US
dc.subject Pop Up Book en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE BERBANTUAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS DI MIN 2 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account