dc.description.abstract |
DIAN SARTIKA
, 11910003 . Pengaruh Model Contextual Teaching Learning
Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca
Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar 18 Vega Kecamatan
Selimbau Tahun Ajaran 2022/2023 : Fakultas Tarbitah Ilmu Keguruan Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah I btidaiyah Institut Agama Islam Negeri
Pontianak, 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh
rendahnya kemampua n membaca
permulaan peserta didik kelas 2 SDN 18 Vega kecamatan selimbau pada mata
Pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan model dan
media pembelajaran oleh guru. Guru mengajar terkesan monoton tidak
m enggunakan model dan media yang menarik sehingga peserta didik bosan, tidak
bersemangat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca
permulaan sebelum dan setelah menggunakan model contextual teaching learning
berbantuan media kartu kata.
Penelitia
n ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian
eksperimen pre eksperimental Design dengan menggunakan desain one group
pre test pos test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 2
dengan jumlah 17 orang, sampel yang diamb il seluruh kelas 2 yang terdiri dari 17
dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data: tes,
dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, uji reliabilitas, uji
normalitas , uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji T
Be
rdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan
bahwa: 1)keterampilan membaca permulaan sebelum menggunakan model
contextual teaching learning berbantuan media kartu kata di kelas 2 sekolah dasar
18 Vega, kec. Selimbau hanya mampu memperoleh nilai rata rata 57,64 yang
dapat dilihat dari nilai pretest . Model pembelajaran contextual teaching
learning berbantuan media kartu kata pada keterampilan membaca permulaan
dengan menggunakan Langkah langkah yang telah dilakukan oleh peneliti
mendapatkan kategori “sangat bait” dengan persentase 100%, sehingga hasil
belajar dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan yang dapat dilihat
dari rata rata p retest sebesar 57,56 dikategorikan “kurang” dan pretest sebesar
83,53 dikategorikan “Bai k” pada saat diterapkan media kartu kata 3)Terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap hasil p osttest t sebesar 0.017 > 0,005 dan
posttest sebesar 0,010 > 0,005 setelah penggunaan model contextual teaching
learning berbantuan media kartu kata di kelas 2 seko lah dasar 18 Vega, kecamatan
selimbau, pada materi hidup rukun dirumah. |
en_US |