MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DIBANTU MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 2 SD NEGERI 18 VEGA KECAMATAN SELIMBAU TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Mansur, Mansur
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.author SARTIKA, DIAN
dc.date.accessioned 2024-07-01T08:30:14Z
dc.date.available 2024-07-01T08:30:14Z
dc.date.issued 2023-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4800
dc.description.abstract DIAN SARTIKA , 11910003 . Pengaruh Model Contextual Teaching Learning Berbantuan Media Kartu Kata Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar 18 Vega Kecamatan Selimbau Tahun Ajaran 2022/2023 : Fakultas Tarbitah Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah I btidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampua n membaca permulaan peserta didik kelas 2 SDN 18 Vega kecamatan selimbau pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan model dan media pembelajaran oleh guru. Guru mengajar terkesan monoton tidak m enggunakan model dan media yang menarik sehingga peserta didik bosan, tidak bersemangat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan sebelum dan setelah menggunakan model contextual teaching learning berbantuan media kartu kata. Penelitia n ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen pre eksperimental Design dengan menggunakan desain one group pre test pos test. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 2 dengan jumlah 17 orang, sampel yang diamb il seluruh kelas 2 yang terdiri dari 17 dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data: tes, dan pedoman dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas , uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji T Be rdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1)keterampilan membaca permulaan sebelum menggunakan model contextual teaching learning berbantuan media kartu kata di kelas 2 sekolah dasar 18 Vega, kec. Selimbau hanya mampu memperoleh nilai rata rata 57,64 yang dapat dilihat dari nilai pretest . Model pembelajaran contextual teaching learning berbantuan media kartu kata pada keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan Langkah langkah yang telah dilakukan oleh peneliti mendapatkan kategori “sangat bait” dengan persentase 100%, sehingga hasil belajar dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan yang dapat dilihat dari rata rata p retest sebesar 57,56 dikategorikan “kurang” dan pretest sebesar 83,53 dikategorikan “Bai k” pada saat diterapkan media kartu kata 3)Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil p osttest t sebesar 0.017 > 0,005 dan posttest sebesar 0,010 > 0,005 setelah penggunaan model contextual teaching learning berbantuan media kartu kata di kelas 2 seko lah dasar 18 Vega, kecamatan selimbau, pada materi hidup rukun dirumah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Keterampilan membaca permulaan menggunakan model contextual teaching learning berbantuan media kartu ka ta. en_US
dc.title MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DIBANTU MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN KELAS 2 SD NEGERI 18 VEGA KECAMATAN SELIMBAU TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account