Abstract:
Puji Rahayu, Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kegiatan Ekstra Kurikuler Praja Muda Karana Di SMP Negeri 2 Kota Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Negeri Islam (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan : (1) Kondisi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di lingkungan SMP Negeri 2 Kota Pontianak, (2) Faktor pendukung dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstra kurikuler pramuka di SMP Negeri 2 Kota Pontianak. (3) Faktor penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstra kurikuler pramuka di SMP Negeri 2 Kota Pontianak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah pembina pramuka, kepala sekolah SMP Negeri 2 Kota Pontianak dan siswa sedangkan data sekunder yaitu dokumen kegiatan pramuka, buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi langsung, wawancara terstruktur dan mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan member check.
Hasil penelitian tentang Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Kota Pontianak menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama siswa tertuang dalam bentuk program kegiatan kepramukaan yang disusun oleh pembina pramuka, bentuk kegiatan tersebut adalah (a) kegiatan latihan rutin mingguan, dalam kegiatan terdapat kegiatan yaitu latihan musyawarah gudep, upacara, tali temali, semaphore, Peraturan Baris Berbaris, perkemahan, permainan kelompok, outbond, dan pentas seni, (b) pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama siswa sudah maksimal dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan kegiatan pramuka yang direncanakan oleh pembina pramuka. Kegiatan kepramukaan dalam internalisasikan nilai-nilai moderasi beragama siswa terdapat tujuh bentuk pencapaian sikap nilai-nilai moderasi beragama yaitu pemahaman nilai-nilai kebangsaan, partisipasi dalam kegiatan kebangsaan, saling menghargai, saling menerima, kerjasama, keamanan dan perlindungan anggota, dan kegiatan seni dan budaya. Ketujuh sikap itu adalah hasil yang didapatkan dari pelaksanaan kegiatan kepramukaan. Faktor pendukung melibatkan pembina pramuka, kepala sekolah dan siswa. Faktor penghambat mencakup peran orang tua, teman sebaya, dan lingkungan pergaulan siswa yang bisa mempengaruhi perilaku siswa