INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAJA MUDA KARANA DI SMP NEGERI 2 KOTA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Lubis, Putri Handayani
dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Salim, Salim
dc.contributor.author RAHAYU, PUJI
dc.date.accessioned 2024-06-25T01:33:32Z
dc.date.available 2024-06-25T01:33:32Z
dc.date.issued 2024-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4790
dc.description.abstract Puji Rahayu, Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kegiatan Ekstra Kurikuler Praja Muda Karana Di SMP Negeri 2 Kota Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Negeri Islam (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan : (1) Kondisi nilai-nilai moderasi beragama dilakukan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di lingkungan SMP Negeri 2 Kota Pontianak, (2) Faktor pendukung dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstra kurikuler pramuka di SMP Negeri 2 Kota Pontianak. (3) Faktor penghambat dalam menginternalisasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kegiatan ekstra kurikuler pramuka di SMP Negeri 2 Kota Pontianak Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah pembina pramuka, kepala sekolah SMP Negeri 2 Kota Pontianak dan siswa sedangkan data sekunder yaitu dokumen kegiatan pramuka, buku dan jurnal. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi langsung, wawancara terstruktur dan mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan adapun teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan member check. Hasil penelitian tentang Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Kegiatan Ekstra Kurikuler Pramuka di SMP Negeri 2 Kota Pontianak menunjukkan bahwa : (1) Kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama siswa tertuang dalam bentuk program kegiatan kepramukaan yang disusun oleh pembina pramuka, bentuk kegiatan tersebut adalah (a) kegiatan latihan rutin mingguan, dalam kegiatan terdapat kegiatan yaitu latihan musyawarah gudep, upacara, tali temali, semaphore, Peraturan Baris Berbaris, perkemahan, permainan kelompok, outbond, dan pentas seni, (b) pelaksanaan kegiatan kepramukaan dalam meningkatkan nilai-nilai moderasi beragama siswa sudah maksimal dan dilaksanakan dengan baik sesuai dengan perencanaan kegiatan pramuka yang direncanakan oleh pembina pramuka. Kegiatan kepramukaan dalam internalisasikan nilai-nilai moderasi beragama siswa terdapat tujuh bentuk pencapaian sikap nilai-nilai moderasi beragama yaitu pemahaman nilai-nilai kebangsaan, partisipasi dalam kegiatan kebangsaan, saling menghargai, saling menerima, kerjasama, keamanan dan perlindungan anggota, dan kegiatan seni dan budaya. Ketujuh sikap itu adalah hasil yang didapatkan dari pelaksanaan kegiatan kepramukaan. Faktor pendukung melibatkan pembina pramuka, kepala sekolah dan siswa. Faktor penghambat mencakup peran orang tua, teman sebaya, dan lingkungan pergaulan siswa yang bisa mempengaruhi perilaku siswa en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Internalisasi en_US
dc.subject Nilai-Nilai Moderasi Beragama en_US
dc.subject Pramuka en_US
dc.title INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEGIATAN EKSTRA KURIKULER PRAJA MUDA KARANA DI SMP NEGERI 2 KOTA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account