Abstract:
NOVITA SARI (2023) Pengaruh Strategi Promosi Menggunakan Tren Budaya Korea Dan Brand Ambassador Terhadap Minat Membeli Di Aplikasi Lazada. Skripsi Pontianak: Prodi Manajemen Bisnis Syariah (MBS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak,2023
Dilihat tren bulanannya, kunjungan ke 5 situs e-commerce menunjukkan jika situs Shopee meraih rata-rata 157,9 juta kunjungan per bulan, situs Tokopedia meraih rata-rata 117 juta kunjungan, situs Lazada 83,2 juta kunjungan, situs BliBli 25,4 juta kunjungan, dan situs Bukalapak 18,1 juta kunjungan per bulan. Sehingga jika dilihat dari jumlah kunjungan tersebut, amka situs lazada masih jauh dari para pesaingnya (shoppe dan Tokopedia). Salah satu strategi promosi yang dilakukan agar dapat bersaing ditengah persaingan yang ketat dengan memanfaatkan fenomena korean wave yang sedang trend di Indonesia dengan menjadikan artis sebagai brand ambassador, karena dalam menarik perhatian konsumen untuk memutuskan pembelian, brand ambassador menjadi alasan bagi para konsumen terutama fans dan penyuka dari artis yang dikontrak menjadi Brand Ambassador sebuah merek atau produk tersebut.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui : 1) pengaruh sisitem promosi menggunakan tren budaya korea terhadap minat beli pengguna Lazada, 2) pengaruh promosi menggunakan Brand Ambassador terhadap minat beli pengguna Lazada, 3) pengaruh promosi menggunakan tren budaya Korean dan Brand Ambassador terhadap minat beli pengguna Lazada
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan Rumus Lemeshow dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) variabel promosi menggunakan tren budaya (Korean wave) tidak berpengaruh secara parsial dan bernilai negative terhadap minat beli dengan nilai signifikansi sebesar 0,239 > 0,05. Dan diperoleh koefisien sebesar −0,037. 2) Variabel sistem promosi menggunakan Brand Ambassador berpengaruh secara parsial terhadap minat beli dengan nilai sig sebesar 0,000<0,05 dan diperoleh koefisien sebesar 0,784. 3) Variabel sistem promosi menggunkan budaya Korean dan promosi menggunakan Brand Ambassador berpengaruh secara dengan nilai sig sebesar 0,000<0,05.