Abstract:
Dulhadi Nim 1173001 Pengaruh Strategi Pemasaran Al-Mumtaz Peduli Pontianak Pengambilan Keputusan Donatur Pada Program Sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran secara online dan offline terhadap pengambilan keputusan donatur Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah donatur offline dan online Al-Mumtaz Peduli. Sampel Sebanyak 65 responden yang ditentukan dengan Uji Prasyarat pada Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis dengan Analisis uji Mann-Whitney. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil dari penelitian ini mengungkapkan adanya perbedaan signifikan dalam pengambilan keputusan antara strategi pemasaran online dan offline, yang terbukti dari nilai Z sebesar -2.113 dan p = 0.033 (p < 0.05). Dari analisis ini, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran offline secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan tingkat pengambilan keputusan donatur dibandingkan dengan strategi pemasaran online.
Pengkategorisasian skor menunjukkan bahwa sebagian besar responden berada dalam kategori sedang, baik untuk strategi pemasaran offline maupun online. Uji prasyarat menunjukkan bahwa data terdistribusi tidak normal untuk kedua variabel, namun karena jumlah subjek penelitian lebih besar dari 30, data tetap dapat digunakan pada tahap selanjutnya. Uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pengambilan keputusan antara strategi pemasaran online dan offline, dengan strategi offline secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan tingkat pengambilan keputusan donatur.