dc.description.abstract |
YULI SUSANTI, Meningkatkan Hasil Belajar Materi IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran SAVI (Somatis Audiotory Visual Intelektual) di Kelas IV SD Negeri 04 Pontianak Timur: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Hasil belajar IPA sebelum menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI kelas IV SD Negeri 04 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024; 2) Langkah-langkah penerapan pembelajaran materi IPA dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI kelas IV SD Negeri 04 Pontianak Timur tahun pelajaran 2023/2024; 3) Hasil belajar setelah menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI kelas IV SD Negeri 04 Pontianak Timur Tahun Ajaran 2023/2024; 4) Peningkatan materi IPA antara sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI kelas IV SD Negeri 04 Pontianak Timur Tahun pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), data dalam penelitian ini peserta didik dan guru. Prosedur yang digunakan ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dengan alat pengumpulan data adalah lembar penilaian, lembar observasi, dokumentasi peserta didik dan guru dan catatan lapangan. Analisis data dalam penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan rumus mean dan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
(1) Berdasarkan data yang telah diperoleh nilai rata-rata hasil sebelum menggunakan pendekatan SAVI peserta didik yaitu 56,89. Sedangkan persentase peserta didik tuntas yakni 37,93%. (2) Langkah-langkah pada siklus I dimulai dari guru membagikan kelompok, pada tahap-tahap berikutnya peserta didik di berikan penguatan dalam pembelajaran. Sedangkan langkah-langkah pembelajaran siklus II peserta didik diajarkan bagaimana memanfaatkan panca indera mereka yakni melalui pendekatan pembelajaran SAVI, pada tahap ini peserta didik dibagi menjadi 5 kelompok untuk berdiskusi, kemudian guru memfasilitasi media video animasi yang menjadi visual dalam pembelajaran, kemudian peserta didik dipersilahkan untuk menjelaskan yang mereka ketahui tentang materi IPA melalui kecerdasan berpikir/intelectual. (3) Hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 59,65 dengan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 51,72%. Sedangkan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 73,79 dengan persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan sebesar 72,41%. (4) Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan SAVI terjadi pada prasiklus memperoleh nilai rata-rata 56,89 dengan persentase ketuntasan mencapai 37,93%. Sedangkan pada siklus I peserta didik memperoleh nilai rata-rata 59,65 dengan persentase ketuntasan mencapai 51,72%. Pada siklus II terjadinya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata-rata 73,79 dengan persentase ketuntasan mencapai 72,41% |
en_US |