Abstract:
Aura Rahmayani, NIM 11905039. Peran Media sosial dalam meningkatkan kesadaran konsumen di bulan suci Ramadhan 1444 hijriah (studi terhadap aktivitas komunikasi pemasaran di Hotel Neo Gajah Mada Pontianak). Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam (IAIN) Pontianak, 2023.
Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan untuk menyampaikan, memperkenalkan, memberikan informasi, dan memasarkan produk kepada konsumen. Hotel NEO Gajah Mada Pontianak melakukan komunikasi pemasaran dengan memanfaatkan berbagai upaya yang direncanakan dan dilaksanakan seperti promosi melalui postingan di media sosial. Digital marketing merupakan cara yang memiliki keunggulan, seperti jangkauannya yang luas, interaksinya yang kuat, penyebaran informasi yang tercepat dan up-to-date, dan proses pembelian yang mudah dan bermanfaat. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Media sosial dalam meningkatkan kesadaran konsumen di bulan suci Ramadhan 1444 hijriah (studi terhadap aktivitas komunikasi pemasaran di Hotel Neo Gajah Mada Pontianak).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sehingga data yang di peroleh dari informan melalui wawancara director of sales executive, dan sales executive hotel NEO Gajah Mada Pontianak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan Reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, aktivitas Hotel NEO Gajah Mada Pontianak mengacu pada upaya yang direncanakan dan dilaksanakan untuk berinteraksi dengan konsumen melalui postingan di media sosial yakni buka bersama (bukber), give away, collab, ngabuburit dan bersih-bersih lingkungan. Kedua, informasi dan media sosial yang digunakan hotel NEO Gajah Mada Pontianak adalah Instagram, Facebook dan Tiktok agar dapat meningkatkan kesadaran konsumen melalui konten-konten yang berkualitas selama bulan suci ramadhan 1444 Hijriah.