dc.description.abstract |
RARA ANGELA, Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerpen
Peserta Didik Kelas IV Menggunakan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran
Tematik Di MI Imaduddin Sungai Raya. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, Keterampilan
menulis teks cerpen sebelum menggunakan media Pop Up Book pada peserta didik.
Kedua, Proses pembelajaran menggunakan media Pop Up Book dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen pada peserta didik. Ketiga,
Kemampuan menulis teks cerpen pada peserta didik. Keempat, Peningkatan
keterampilan menulis teks cerpen sebelum dan sesudah menggunakan media Pop
Up Book pada peserta didik.
Jenis dan metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Lokasi penelitian ini bertempat di MI Imaduddin Sungai Raya. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, tes
dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data kuantitatif (mean), data kualitatif dan uji instrument (uji
validitas).
Berdasarkan analisis data dalam penelitian ini, maka dapatdisimpulkan:
Pertama, Kemampuan peserta didik menulis teks cerpensebelum menggunakan
media Pop Up Book diperoleh nilai rata-rata 45 dengan kategori kurang dan
persentase ketuntasan 71,4%. Kedua, Proses pembelajaran dengan menggunakan
media Pop Up Book dalam kegiatan pembelajaran menulis teks cerpen telah
sesuai dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas dapat dilihat dari
lembar observasi guru memperoleh poin 9 pada siklus ke I dengan nilai
persentase 81,8% dengan kategori baik. Namun perolehan nilai tersebut belum
memenuhi indikator keberhasilan maka dilanjutkan pada lembar observasi guru
pada siklus yang ke II dengan jumlajh skor yang didapat yaitu 10 poin dengan
nilai presentase 100%. Ketiga, Kemampuan menulis teks cerpen peserta didik
setelah menggunakan media Pop Up Book pada pra siklus nilai rata rata 6,976
dan persentase ketuntasan 71,4% pada siklus II mengalami peningkatan dengan
nilai rata-rata 7,514 dan persentase ketuntasan 85,71%. Keempat, Dari tabel
perbandingan menulis teks cerpen sebelum dan sesudah menggunakan media Pop
Up Book menunjukkan bahwa perbedaan hasil teks cerpen peserta didik ketika
menggunakan mediaPop Up Book dan tidak menggunakan media Pop Up Book.
Tabel perbandingan menunjukkan bahwa peningkatan pra siklus memperoleh
nilai rata-rata kelas yaitu 6,976 dengan presentase ketuntasan sebesar 71,4%
siklus I menunjukkan peningkatan dengan jumlah nilai rata-rata yang di dapat
6,857 dengan presentase 76,1% namun nilai tersebut belum mendapatkan hasil
yang maksimal maka dilanjutkan ke siklus ke II, siklus ke II memperoleh jumlah
nilai rata-rata 7,515 dengan presentase ketuntasan 85,71% dari nilai yang
diperoleh tersebut terdapat peningkatan dari pra siklus I ke siklus II dengan
jumlah tuntas klasikal mengalami peningkatan 14,31% nilai tersebut
menunjukkan bahwa penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks cerpen. |
en_US |