PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN 20 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Sahrani, Sahrani
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author ROLIA, GITA
dc.date.accessioned 2024-06-10T03:49:39Z
dc.date.available 2024-06-10T03:49:39Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4707
dc.description.abstract GITA ROLIA. “Penerapan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Peserta Didik Kelas II di SDN 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2023/2024”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca nyaring pada peserta didik kelas II di SDN 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini disebabkan karena cara guru menyampaikan pembelajaran kurang maksimal yakni dominan menggunakan metode ceramah, serta penungasan yang membuat peserta didik tidak termotivasi dalam belajar. Media yang digunakan berpatokan pada buku teks dan paket yang terkesan kaku tidak mengembangkan sumber pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menawarkan solusi dengan menerapkan media Big Book untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan: 1) Kemampuan membaca nyaring peserta didik kelas II di SDN 20 Pontianak Selatan sebelum dilakukan penerapan media Big Book 2) Langkah-langkah penerapan media Big Book dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada peserta didik kelas II di SDN 20 Pontianak Selatan 3) Kemampuan membaca nyaring peserta didik kelas II di SDN 20 Pontianak Selatan sesudah adanya penerapan media Big Book 4) peningkatan kenmampuan membaca nyaring setelah diterapkannya media Big Book di kelas II di SDN 20 Pontianak Selatan Penelitian tindakan kelas (PTK), ini dengan sumber data terdiri dari guru dan peserta didik kelas II SDN 20 Pontianak Selatan. Teknik pengumpulan data yakni observasi, tes dan dokumentasi. Dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman observasi, lembar tes, rubrik dan instrumen. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan media Big Book ternyata dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring peserta didik kelas II di SDN 20 pontianak selatan. Dengan penjelasan rincinya yakni bahwa kemampuan membaca nyaring peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebelum diterapkan media Big Book di SDN 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 mendapatkan nilai rata-rata sebesar 59,83 dengan kategori rendah.kemampuan membaca nyaring peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan media Big Book di SDN 20 Pontianak Selatan Tahun Ajaran 2022/2023 pada siklus I mendapatkan nilai rata-rata sebesar 74,33 dengan kategori baik. Sedangkanm pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,66 dengan kategori baik. Setelah diperoleh data yang dihitung menyatakan bahwa terdapat peningkatan kemampuan membaca nyaring. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Membaca Nyaring en_US
dc.subject Media Big Book en_US
dc.title PENERAPAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING PESERTA DIDIK KELAS II DI SDN 20 PONTIANAK SELATAN TAHUN AJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account