dc.description.abstract |
Fitriana, Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Tema 5 Subtema 1 di Kelas V. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2023.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 9 Sungai Kakap tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 9 Sungai Kakap tahun pelajaran 2022/2023. 3) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah penerapan metode pembelajaran role playing pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 9 Sungai Kakap tahun pelajaran 2022/2023. 4) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran role playing terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 9 Sungai Kakap tahun pelajaran 2022/2023.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, pengukuran dan dokumentasi sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal pilihan ganda (pretest dan posttest) berjumlah 30 soal dan pedoman dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V. Proses analisis data dengan menggunakan uji normalitas, dan uji mann whitney menggunakan aplikasi SPSS Versi 26.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode role playing dilaksanakan selama tiga kali pertemuan sesuai dengan langkah-langkah yang kemudian sampai dengan peneliti memberikan tes akhir (posttest). Hasil belajar peserta didik untuk posttest kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 66,52 termasuk dalam kategori rendah, sedangkan untuk posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 75,81 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan metode role playing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dengan signifikansi pretest posttest kelas eksperimen 0,002 dan pretest posttest kelas kontrol 0,034. Nilai ini < dari α (0,05). |
en_US |