PENGARUH STRATEGI READING ALOUD BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Nugraha, Muhammad Tisna
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author WAHYUDI, HERI
dc.date.accessioned 2024-06-06T03:47:06Z
dc.date.available 2024-06-06T03:47:06Z
dc.date.issued 2023-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4698
dc.description.abstract HERI WAHYUDI, Pengaruh Strategi Reading Aloud Berbantuan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas II Sekolah Dasar Negeri 03 Pontianak Timur Tahun Pelajaran 2023/2024: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan membaca peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran reading aloud berbantuan media big book, 2) kemampuan membaca peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran reading aloud berbantuan media big book, 3) pengaruh penggunaan strategi reading aloud berbantuan media big book terhadap kemampuan membaca peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas II B SDN 03 Pontianak Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 03 Pontianak Timur dengan sumber datanya adalah peserta didik kelas II B. Alat pengumpulan data tes, dokumentasi, dan uji coba instrumen. Analisis data menggunakan kuantitatif analisis data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan uji statistik yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan program SPSS 18 for Windows. Adapun hasil penelitian ini yang pertama adalah hasil pretest pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 52,07 dan eksperimen 54,67 sama-sama dalam kriteria kurang. Kedua, pada kelas eksperimen nilai rata-rata meningkat secara signifikan setelah diberi perlakuan dengan nilai rata-rata posttest menjadi 73,27 dengan kriteria baik, sedangkan rata-rata pada kelas kontrol tanpa diberi perlakuan hanya meningkat dengan nilai rata-ratanya 63,07. Ketiga, penggunaan strategi reading aloud berbantuan media big book berpengaruh dalam kemampuan membaca permulaan. Hal ini berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test data posttest dengan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penggunaan strategi reading aloud berbantuan media big book dan tanpa menggunakan strategi tersebut. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Membaca Permulaan en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH STRATEGI READING ALOUD BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PONTIANAK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account