PENGARUH PENGGUNAAN METODE GASING DIBANTU DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN KELAS IV MIS NURUL HASANAH MEMPAWAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yapandi, Yapandi
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author DINDA, DINDA
dc.date.accessioned 2024-06-06T02:55:05Z
dc.date.available 2024-06-06T02:55:05Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4696
dc.description.abstract DINDA, Pengaruh Penggunaan Metode Gasing Dibantu dengan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Kelas IV Peserta Didik MIS Nurul Hasanah Mempawah Tahun Ajaran 2022/2023. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: Pertama, Hasil belajar peserta didik materi perkalian kelas kontrol IV A tanpa menggunakan metode gasing dibantu dengan media video animasi. Kedua, Proses pembelajaran di kelas eksperimen IV B menggunakan metode gasing dibantu dengan media video animasi. Ketiga, Hasil belajar peserta didik materi perkalian kelas eksperimen IV B dengan menggunakan metode gasing dibantu dengan media video animasi. Keempat, Perbandingan hasil belajar materi perkalian di kelas kontrol IV A dan kelas eksperimen IV B. Kelima, Seberapa besar pengaruh penggunaan metode gasing dibantu dengan media video animasi terhadap hasil belajar materi perkalian. Jeni s penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dan rancangan yang digunakan ialah randomized control-group pretest-posttest design. Desain penelitian yaitu pre-test dan post-test with control group design. Lokasi penelitian ini bertempat di MIS Nurul Hasanah Kabupaten Mempawah di Parit Haji Hasan, Sungai Nipah Gang Keluarga Kecamatan Jungkat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji prasyarat , uji hipotesis dan Uji N-Gain. Berdasarkan analisis dalam penelitian, maka dapat disimpulkan: Pertama, Hasil belajar peserta didik kelas kontrol IV A tanpa menggunakan metode gasing dibantu dengan media video animasi nilai rata-rata 81,515 di kelas kontrol posttest sedangkan kelas kontrol pretest nilai rata-rata 63,033. Kedua, Proses pembelajaran pembelajaran di kelas eksperimen dilakukan dengan baik dan tertata sesuai RPP mengikuti langkah-langkah metode gasing dibantu dengan media video animasi yang telah dibuat secara sistematis. Ketiga, Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen IV B dengan menggunakan metode gasing dibantu dengan media video animasi terjadi peningkatan nilai rata-rata 64,375. Sedangkan posttest nilai rata-rata sebesar 89,091. Keempat, Perbandingan hasil belajar di kelas kontrol IV A dan kelas eksperimen IV B dilihat dari nilai rata-rata kelas pretest kontrol 63,033 sedangkan untuk kelas kontrol posttest yaitu dengan rata-rata 81,515 kemudian untuk kelas eksperimen pretest dengan nilai rata-rata 64,375 dan yang terakhir untuk kelas eksperimen posttest nilai rata-ratanya adalah 89,091. Kelima, berdasarkan uji Mann Whitney dengan bantuan IBM SPSS Version 25 besar pengaruh penggunaan metode gasing dibantu dengan media video animasi terhadap hasil belajar materi perkalian dapat MIS Nurul Hasanah Tahun Ajaran 2022/2023 berdasarkan perhitungan N-gain diperoleh skor 0,68 dan termasuk ke dalam kategori sedang. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode Gasing en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.subject Hasil Belajar. en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE GASING DIBANTU DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN KELAS IV MIS NURUL HASANAH MEMPAWAH TAHUN AJARAN 2022/2023 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account