PENERAPAN METODE BERMAIN BERBANTUAN MEDIA MULTIPLY CARDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK MATERI OPERASI PERKALIAN KELAS III DI SD NEGERI 12 PONTIANAK KOTA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Septianawati, Desty
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author ROKAYYAH, ROKAYYAH
dc.date.accessioned 2024-06-06T02:29:37Z
dc.date.available 2024-06-06T02:29:37Z
dc.date.issued 2023-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4695
dc.description.abstract ROKAYYAH, Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Multiply Cards Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Materi Operasi Perkalian Kelas III di SD Negeri 12 Pontianak Kota: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana kemampuan berhitung peserta didik sebelum diterapkan metode bermain berbantuan media multiply cards 2) Bagaimana langkah-langkah penerapan metode bermain berbantuan media multiply cards untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik dalam operasi perkalian 3) Bagaimana kemampuan berhitung peserta didik setelah diterapkan metode bermain berbantuan media multiply cards dalam operasi perkalian 4) Apakah terdapat peningkatan kemampuan berhitung peserta didik sebelum dan setelah diterapkan metode bermain berbantuan media multiply cards dalam operasi perkalian. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan operasi perkalian peserta didik kelas III di SD Negeri 12 Pontianak Kota. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpulan data berupa Tes, observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriprif kuantitatif untuk hasil tes dan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, persentase sebelum diterapkan metode bermain berbantuan media multiply cards sebesar 54% peserta didik yang tergolong rendah atau masuk kedalam kriteria kurang. Kedua, persentase langkah-langkah penerapan metode bermain berbantuan media multiply cards pada siklus 1 sebesar 82% dan pada siklus 2 sebesar 90%. Ketiga, kemampuan peserta didik pada sikus 1 masih belum memuaskan dengan persentase hasil belajar sebesar 69%. Keempat, persentase kemampuan peserta didik sebelum dan setelah diterapkan metode bermain berbantuan media multiply cards dalam operasi perkalian mata pelajaran matematika peserta didik kelas III di SD Negeri 12 Pontianak Kota secara keseluruhan telah mengalami peningkatan dari pratindakan ke setiap siklusnya dapat dilihat dari nilai pra siklus dengan rata-rata sebesar 66,15 dan siklus I meningkat menuju angka 73,72 dan persentase ketuntasan sebesar 69%. Kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 74,12 dengan persentase ketuntasan sebesar 88%. Maka Peserta didik yang memiliki hasil belajar diatas KKM atau peserta didik yang tuntas mencapai 88%, sehingga penelitian ini telah berhasil. Sesuai dengan indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu 75%. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Kemampuan Berhitung Operasi Perkalian en_US
dc.subject Bermain en_US
dc.subject Multiply Cards en_US
dc.title PENERAPAN METODE BERMAIN BERBANTUAN MEDIA MULTIPLY CARDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK MATERI OPERASI PERKALIAN KELAS III DI SD NEGERI 12 PONTIANAK KOTA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account