PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SUMBER ENERGI SETELAH DI TERAPKAN MODEL INKUIRI DI KELAS IV MIN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Zaini, Akhmad
dc.contributor.advisor Hariansyah, Hariansyah
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Saumi
dc.contributor.author WAADIBAH, IRZA NURDZAKIAH
dc.date.accessioned 2024-06-06T02:22:29Z
dc.date.available 2024-06-06T02:22:29Z
dc.date.issued 2023-09
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/4694
dc.description.abstract IRZA NURDZAKIAH Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sumber Energi Setelah Di Terapkan Model Inkuiri di Kelas IV Min 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Hasil belajar peserta didik materi sumber energi setelah diterapkan model inkuiri konfirmasi di kelas IV D MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) Hasil belajar peserta didik materi sumber energi setelah diterapkan model inkuiri terstruktur di kelas IV C MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) Hasil belajar peserta didik materi sumber energi setelah diterapkan model inkuiri terbimbing di kelas IV B MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. 4) Hasil belajar peserta didik materi sumber energi setelah diterapkan model inkuiri terbuka di kelas IV D MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. 5) Perbedaan perbandingan hasil belajar peserta didik materi sumber energi setelah diterapkan model inkuiri (konfirmasi, terstruktur, terbimbing, terbuka) di kelas IV (A, B, C, D) MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. dengan metode Eksprimen khusunya pre-expremental. Penelitian ini yang berlokasi di MIN 2 Pontianak dengan waktu penelitian mulai dari juli 2023 Adapun yang menjadi populasi kelas IV yang berjumlah 4 kelas.Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu Penerapan model inkuiri dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Tes Tertulis dan Studi Dokumen, Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar peserta didik materi sumber energi di kelas IV D MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 setalah diterapkan model pembelajaran inkuiri konfirmasi memperoleh nilai rata-rata 73,00. 2) Hasil belajar peserta didik materi sumber energi di kelas IV D MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 setalah diterapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur memperoleh nilai rata-rata 72,07. 3)Hasil belajar peserta didik materi sumber energi di kelas IV D MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 setalah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing \memperoleh nilai rata-rata 75,25. 4) Hasil belajar peserta didik materi sumber energi di kelas IV D MIN 2 Pontianak Tahun Pelajaran 2023/2024 setalah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbuka memperoleh nilai rata-rata 65,98. 5) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dimana signifikansi hasil Uji t-nya adalah 0,000 yang lebih kecil dari 0,005 sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan inkuiri konfirmasi, terstruktur, terbimbing, dan terbuka. Selain itu nilai koefisien regresinya juga memiliki signifikansi 0,000 < 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Inkuiri en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SUMBER ENERGI SETELAH DI TERAPKAN MODEL INKUIRI DI KELAS IV MIN 2 PONTIANAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account