dc.description.abstract |
RAHAYU ZULIAWATI. Pengaruh Penggunaan Teknik Menyusun Kata Berbantuan Media Box Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas I di SDN 34 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan Teknik menyusun kata berbantuan media box. 2) Kemampuan membaca permulaan peserta didik sesudah menggunakan teknik menyusun kata berbantuan media box. 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan teknik menyusun kata berbantuan media box kata terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre- eksperimen one grup pretest posttest. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas I di SDN 34 Pontianak Kota dengan sampel yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan observasi, soal tes, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif, uji hipotesis dengan teknik uji paired sample t-test dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum menggunakan teknik menyusun kata berbantuan media box kata masih tergolong rendah, dengan persentase 43,33% dalam kategori tuntas dan 56,67% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 69,33. 2) Setelah menggunakan langkah teknik menyusun kata dikolaborasikan dengan media box kata, persentase ketuntasan kemampuan membaca permulaan peserta didik meningkat menjadi 83,33% dalam kategori tuntas dan 16,67% dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata 78,33. 3) Berdasarkan hasil uji paired sample t-test, dapat terlihat bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik menyusun kata berbantuan media box kata yang ditunjukkan dari nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang diartikan bahwa 0,000 lebih kecil (<) 0,05 maka dapat diterima, berdasarkan perhitungan N-Gain, diperoleh skor 0,42 dan termasuk dalam kategori sedang. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test dan post-test kemampuan membaca permulaan peserta didik pada mata pelajaran bahasa indonesia tahun pelajaran 2023/2024 |
en_US |