Abstract:
Randa. 11907150. Analisis Perbandingan Kualitas Layanan Perbankan Aplikasi Mobile Banking Bank Syariah dan Mobile Banking Bank Konvensional (Studi Kasus Pada: Layanan Perbankan Aplikasi BSI mobile dan Bri mobile Di Kota Pontianak). Skripsi. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negri Pontianak (IAIN).
Teknologi informasi menjadi salah satu tanda dari kemajuan peradaban, hampir seluruh kegiatan perusahaan menggunakan teknologi salah satunya adalah perbankan. Dalam perbankan Syariah maupun konvensional sama-sama memiliki layanan yang menggunakan teknologi informasi yaitu mobile banking. mobile banking bank Syariah adalah BSI mobile dan mobile banking bank konvensional salah satu nya adalah BRI mobile.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan aplikasi BSI mobile dan BRI mobile. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer pada penelitian ini adalah nasabah yang menggunakan BSI mobile dan BRI mobile. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu wawancara, pengamatan, dan dokumentasi.
Kesimpulan setelah memanfaatkan BSI mobile dan BRI mobile, nasabah merasa puas kualitas layanan BSI mobile dan BRI mobile karena nasabah merasa nyaman dan terbantu dengan adanya mobile banking pada aktivitas sehari- hari, namun dari hasil wawancara nasabah lebih merasa puas dengan BSI mobile dibuktikan dengan lebih minimnya kendala atau masalah yang dialami nasabah jika dibandikan dengan BRI mobile, walaupun ada terjadi kendala atau masalah nasabah tetap menggunakannya karena alasan kemudahan dan menghemat waktu dalam bertransaksi.